Sukses

Pertama di Dunia, Toyota Avanza Listrik Curi Perhatian di Pameran Modifikasi

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran OLX Autos IMX 2022 menampilkan banyak kendaraan modifikasi keren dan canggih. Namun, ada satu model yang cukup menyita perhatian, yaitu mobil milik Atta Halilintar, sebuah Toyota Avanza 2010 yang diubah menjadi mobil listrik baterai.

Tampilan Toyota Avanza listrik milik suami dari Aurel Hermansyah ini memang terlihat berbeda, bergaya futuristik dan modern, dengan kelir silver layaknya sebuah kendaraan masa depan.

Tomi Gunawan, dari bengkel Tomi Airbrush, yang menggarap Toyota Avanza listrik ini mengatakan, memang konsep awalnya Atta Halilintar ingin mengubah Toyota Avanza ini seperti mobil baru atau konsep.

"Waktu pengerjaannya sendiri, satu pekan untuk konversi mesin listrik. Jadi, kita copot semua mesin bensin dan kita ganti motor listrik dan baterai. Sedangkan untuk eksterior, interior, dan elektroniknya selesai dua bulan," ujar Tomi, saat ditemui di area OLX Autos IMX 2022, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2022).

Lanjut Tomi, untuk baterainya sendiri kita menggunakan dua buah. Satu untuk listrik ke motor sebesar 80 volt dan satu lagi untuk kelistrikan seluruh mobil, seperti hiburan, lampu, AC, dan lainnya sebesar 12 volt.

"Jadi, itu salah satu kesulitan juga karena ada dua sistem kelistrikan. Untuk pengisian sendiri sekitar 6 jam," tegas Tomi.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Jarak tempuh

Sementara itu, untuk kecepatan mobil listrik milik Atta Halilintar ini dalam pengujian sebesar 80 km/jam. Namun, pihak bengkel sendiri memang belum melakukan pengetesan hingga lebih dari 80 km/jam.

"Kalau jarak tempuh 175 km, itu dalam satu pengisian baterai. Tapi, kalau mau ditambah juga bisa, tingal disesuaikan saja baterainya. Biaya untuk modifikasi Toyota Avanza listrik ini, lebih dari Rp200 juta," pungkas Tomi.

Sebagai informasi, Toyota Avanza listrik milik Atta Halilintar, menjadi salah satu peserta di perang bintang dan bersaing dengan mobil modifikasi milik pesohor Tanah Air lainnya, yaitu Andre Taulany, Uya Kuya, Gading Martin, dan Rafii Ahmad.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.