Sukses

Mobil Listrik Mercedes-Benz G-Wagen Akan Dihadirkan pada 2024, Tak Hanya Sekadar Konsep

Liputan6.com, Jakarta - CEO Mercedes-Benz Ola Källenius telah mengendarai versi prototipe mobil listrik G-Wagen di fasilitas pengujian perusahaan di Graz, Austria. Sejak itu ia yakin masa depan petualangan off-road adalah melalui mobil listrik.

SUV listrik Mercedes-Benz G-Wagen, ungkap Ola, akan dihadirkan pada pertengahan 2024 setelah versi konsepnya diluncurkan lebih dulu pada September 2021. Namun, menurut The Verge, laporan ini masih awal, dan masih sangat minim detail yang dibagikan perusahaan, seperti dikutip pada Senin (26/9/2022).

Mercedes belum mengungkapkan perkiraan apa pun untuk jangkauan, ukuran baterai, atau konsumsi daya dari mobil tersebut. Dalam konsep awal, mobil ini memiliki penggerak semua roda (4x4), yang dinilai masuk akal dari bentuk hingga tren di pasar.

Pada 2021, G-Wagen EV dinilai menjadi upaya pertama Mercedes-Benz dapat memodifikasi generasi baru G-Class yang pertama kali diungkapkan di Detroit Auto Show 2018.

Konsep EQG dibalut dengan cat two-tone yang sama dengan yang digunakan Mercedes-Benz pada sedan EQS elektrik edisi pertama. Kendaraan juga memakai gril bercahaya yang telah dipermainkan perusahaan pada beberapa konsep dan kendaraan produksi lainnya.

Ketika EQG produksi tiba pada pertengahan 2024, mobil itu akan bergabung dengan rangkaian kendaraan listrik yang dapat menangani medan berat, seperti truk dan SUV dan truk GMC Hummer EV, Rivian R1T dan R1S, Chevy Silverado EV, dan Ford F- 150 Lightning.

Sementara itu, Mercedes-Benz mengatakan akan memproduksi kendaraan dengan energi listrik sepenuhnya pada tahun 2030. Perusahaan berkomitmen untuk menginvestasikan 40 miliar euro (47 miliar dolar AS) dalam upaya tersebut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Mobil Konsep EQG

Bertepatan dengan gelaran IAA Mobility 2021 alias Munich Motor Show, Mercedes-Benz membawa konsep EQG. Kendaraan ini, digadang-gadang akan hadir sebagai versi listrik dari SUV andalan pabrikan Jerman, G-Class.

Mundur sedikit ke belakang, model ini ternyata ada hubungannya dengan aktor Hollywood, Arnold Schwarzenegger. Pasalnya, pada Januari 2018, saat G-Class generasi kedua pertama kali diluncurkan di Detroit pada Januari, mega bintang film laga ini, hadir di atas panggung dan berbincang dengan Ketua Dewan Daimler AG saat ini, Dieter Zetsche.

Saat ini, bintang Terminator ini memunculkan janji yang agak mengejutkan dari Zetsche, bahwa elektrifikasi dari Mercedes-Benz juga akan mencakup G-Class. Kemudian, tiga setengah tahun kemudian, jenama Bavarian ini, memenuhi janjinya dengan membawa Concept EQG, yang merupakan proyeksi versi produksi dari G-Class listrik.

Mengutip Paultan, dari segi desain, Concept EQG mengadopsi siluet dari G-Class biasa, tetapi dengan banyak sentuhan khas yang menandai ini adalah proyek EQ. Pertama, yang bisa dilihat adalah gril depan diganti dengan panel hitam dengan batasan yang menyala serta kotak bulat biru yang disebut pola squircle.

 

3 dari 4 halaman

Desain Squircle Mesh

Di bawah gril, adalah lubang udara yang ramping, dan lebih jauh ke bawah apron yang memiliki lubang masuk yang menampilkan desain squircle mesh. Lampu depan tampak familiar, meskipun dengan hiasan tambahan agar sesuai dengan gril baru.

Pencahayaan adalah bagian besar dari desain Concept EQG, karena terdapat lingkaran iluminasi putih di rumah kaca eksterior, dan garis samping yang menyala membuat strip pelindung yang kokoh menonjol secara visual.

Di bagian belakang, penutup ban cadangan bundar yang biasa telah diganti dengan kotak penyimpanan yang dapat dikunci, yang ditata agar terlihat seperti kotak pengisi daya dinding, dan dilengkapi dengan aksen iluminasi agar sesuai dengan segala hal lain yang bersinar putih di bagian luar.

4 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.