Sukses

2 Cara untuk Meningkatkan Tenaga Mesin Diesel

Liputan6.com, Jakarta - Karakter mobil bermesin diesel memang dikenal tangguh dan bandel untuk segala medan. Bahkan, salah satu keunggulannya mesin diesel adalah saat melibas banjir, mobil dengan mesin ini dipercaya begitu superior dalam menerjang air tersebut.

Namun demikian, pemilik mobil bermesin diesel tidak boleh jumawa. Pasalnya, mobil diesel ini masih dicap sebagai penyumbang polusi udara terbesar lantaran asap hitam yang kerap keluar dari knalpot.

Nah terlepas dari beberapa hal di atas, sebagai pemilik mobil diesel ada baiknya Anda juga memperhatikan dua tips berikut agar tenaga mesin mobil diesel Anda tetap memiliki performa yang mumpuni.

Tentunya, dua hal yang akan kami sampaikan ini memiliki peranan penting untuk menunjang performa mesin mobil. Oleh karena itu, perawatan serta servis yang dilakukan secara rutin akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mobil tersebut.

Dilansir dari laman Auto2000, bagi para pemilik mobil bermesin diesel, ada baiknya melakukan dua hal berikut:

Bersihkan Filter Udara

Hal ini memiliki fungsi yang berkaitan dengan performa mobil. Pasalnya, mesin diesel ini membutuhkan udara yang bersih saat proses pembakaran bahan bakar. Jika komponen air filter tersebut kotor, maka udara bersih akan sulit masuk ke dalam silinder mesin.

Jika sudah ada indikasi filter udara yang kotor tersebut, maka segera lakukan pembersihan. Atau, untuk hasil yang lebih maksimal lagi, komponen tersebut harus diganti dengan yang baru agar performanya menjadi lebih maksimal.

Bersihkan Filter Solar

Meski bicara torsi yang dihasilkan memang mesin diesel lebih besar, namun tidak ada salahnya sebagai pemilik yang sayang kendaraan Anda juga harus memperhatikan kondisi filter solar.

Untuk memberikan kinerja yang lebih mumpuni, maka filter solar ini juga harus dalam kondisi yang baik. Hasilnya, bila komponen tersebut bekerja secara maksimal, maka akan memproduksi tenaga mesin diesel yang besar dan torsi melimpah.

Adapu kegunaan filter solar ini adalah untuk menyaring bahan bakar agar tetap bersih dari kotoran yang masuk ke dalam mesin.

Nah dua hal tadi bisa diperhatikan lagi dengan seksama untuk memberikan kinerja mesin yang semakin optimal.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Kemenhub Usul Subsidi BBM Dialihkan ke Konversi Motor Listrik

Konversi kendaraan listrik tengah didorong oleh pemerintah. Tujuannya, agar percepatan mobil ataupun motor listrik cepat terealisasi di Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, anggaran subsidi BBM dan anggaran Pemerintah daerah (Pemda) yang kurang produktif bisa dialihkan untuk biaya mengkonversi sepeda motor listrik.

"Macam Pemda. Pemda kan pengen kotanya ramah lingkungan. Saya pikir, kalau mereka ramah lingkungan, mereka memberikan prioritas bagi warga kotanya menggunakan EV motor," jelas Budi, saat ditemui di Kementerian ESDM, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, bisa saja anggaran yang tadinya memang kurang produksi, bisa digunakan untuk konversi sepeda motor listrik.

"Juga secara major subsidi yang tadinya digunakan untuk BBM itu bisa di konversi (ke motor listrik)," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.