Sukses

Wajib Tahu! Ini 5 Cara Merawat Ban Serep yang Baik dan Benar!

Kita harus merawat ban serep agar kondisinya tetap prima.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu komponen dari mobil yang tidak boleh dipandang sebelah mata adalah ban serep. Ya, komponen mobil satu ini sangat berfungsi ketika ban mobil kita mengalami kendala saat bepergian jarak jauh. Ketika bengkel mobil jauh dari jangkauan, ban serep menjadi kuncinya.

Tapi, terkadang kita lupa untuk merawat ban serep. Karena jarang dipakai, kita seolah-olah lupa bahwa ban serep itu ada. Untuk itu, seyogyanya kita harus merawat ban serep agar kondisinya tetap prima. Nah, bagaimana cara merawat ban serep dengan baik dan benar? Simak tips di bawah ini ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Periksa Tekanan Ban Secara Berkala

Walaupun jarang dipakai bukan berarti tidak penting untuk melakukan cek tekanan angin pada ban serep mobil ya. Kamu harus mengetahui, bahwa menurunnya tekanan angin disebabkan oleh pori-pori permukaan karet ban. Agar selalu memiliki tekanan yang pas saat hendak digunakan, lakukanlah pengecekan tekanan angin pada ban serep setidaknya sekali setiap bulannya.

2. Perhatikan Usia Ban

Nah, usia ban bisa mempengaruhi kualitas dari ban serep lho! Fyi, ban serep hanya bisa digunakan hingga 4 tahun dari tanggal produksi. Jika ban serep yang kamu miliki telah melewati usia tersebut, ada baiknya ganti ban serep mobil yang kamu miliki ya!

3 dari 3 halaman

3. Rutin Rotasi Ban

Karena jarang digunakan, ban serep bisa menjadi terasa lebih keras. Kondisi ban serep seperti itu akan menjadikan perputarannya tidak maksimal saat digunakan. Untuk mencegah hal ini, lakukannya rotasi ban serep secara rutin dengan cara menggantinya dengan keempat ban lain sehingga elastisitas ban tetap terjaga.

4. Pakai Pelindung Ban Serep

Guna menjaga agar ban serep mobil tetap bersih dan tidak mudah kotor, kamu bisa memakai cover pelindung ban serep untuk melindungi ban serep dari kotoran. Pelindung itu juga bisa melindungi ban serep dari paparan langsung sinar matahari serta hujan yang bisa mengurangi kualitasnya.

5. Semir Ban Serep

Untuk menjaga elastisitas dari karet ban, salah satu cara yang wajib kamu lakukan adalah meyemir ban serep tersebut. Dengan menggunakan semir ban, kamu bisa memberikan perlindungan ekstra pada karet ban. Dengan itu, kamu bisa menjaga kondisi ban serep untuk tetap prima ketika sedang dibutuhkan.

Itulah 5 cara menjaga ban serep mobil kamu agar tetap prima dan tetap aman ketika digunakan di waktu yang genting. Kamu bisa mencari perlengkapan untuk menjaga kondisi ban serep di toko hijau yang Selalu Ada Selalu Bisa ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.