Sukses

Toyota GR86 Goda Publik dengan Desain dan Mesin Baru

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan all new GR86, sebagai generasi kedua mobil sport Toyota 86. Model ini, mendapatkan berbagai ubahan, seperti peningkatan tenaga mesin, dan desain yang anyar.

All new GR86 meneruskan peran Toyota 86 sebagai ikon dari sebuah mobil sport yang sangat menyenangkan untuk dikendarai. Toyota 86 sendiri mengambil inspirasi pengembangan dari AE86, dan telah melegenda di era 1980-an.

"Kami hadirkan all new GR86 dengan mesin baru yang lebih bertenaga, serta desain yang lebih agresif dan sporty untuk menjawab passion dan ekspektasi penggemarnya di Indonesia," ujar Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, di GIIAS 2022, ICE, BSD, Tangerang, Selasa (16/8/2022).

Toyota telah memberi nama lini baru mesin yang digunakan oleh all new GR86 sebagai dynamic force engines. Untuk mengeluarkan potensi mesin secara maksimal, struktur dasar mesin dipikirkan ulang sepenuhnya menggunakan platform TNGA. Aplikasi mesin boxer ditempatkan serendah mungkin untuk memperoleh pusat gravitasi lebih ke bawah dan lebih aerodinamis.

Mesin yang bergerak berlawanan secara horizontal ini menggunakan blok mesin yang sama seperti Toyota 86, namun kapasitas mesin 4-silinder berkode FA24 ditingkatkan dari 1.998 cc menjadi 2.387 cc dengan menambah diameter piston dari 86 mm menjadi 94 mm.

Tenaga maksimum all new GR86 meningkat sekitar 17,5 persen dari 200 PS menjadi 235 PS pada 7.000 rpm. Torsi juga naik 22 persen menjadi 250 Nm pada 3.700 rpm, lebih baik dari sebelumnya yang berada di level 205 Nm pada 6.400–6.600 rpm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Desain anyar

Sedangkan desainnya, mobil ini mengadopsi gaya sport klasik Toyota, seperti Corolla 2000GT dan AE86.

Toyota Gazoo Racing membawa keahlian dan pengalaman di arena balap touring untuk memaksimalkan keunggulan aerodinamika sekaligus menanamkan racing look yang tegas, seperti Front Air Dam depan, Aero Stabilizing Grain di sudut bumper, Air Outlet di belakang roda depan, Side Sill Spoiler di bawah pintu, Rear Wheel Arch Fin pada lingkaran spatbor belakang, dan Rear Air Breather di bawah bumper depan.

Sementara di atasnya, Ducktail Spoiler membantu menjaga kestabilan memanfaatkan aliran udara dari atap mobil. Selain itu, All New GR86 juga dibekali dengan 18-inch alloy wheel menguatkan racing look-nya.

Untuk memaksimalkan karakter sporty, All New GR86 juga sudah dilengkapi Official GR Aeroparts yang terdiri dari GR Front Bumper Spoiler, GR Rear Bumper Spoiler, GR Side Skirt, dan GR Trunk Spoiler.

Selain itu tersedia juga TCO GR Parts khusus untuk All New GR86 seperti GR Interior Panel Set, GR Aero Stabilizing Cover, GR Sunshade, GR Knee Pad, GR Sport Side Visor, dan GR Sport Muffler bagi pelanggan yang ingin All New GR86 miliknya tampil berbeda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS