Sukses

Setahun Periklindo, Moeldoko Ingin Indonesia Jadi Pemain Penting Kendaraan Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Pada 25 April 2022, Perkumpulan Industri kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) tepat setahun berdiri di Indonesia. Sejak dideklarasikan di IIMS 2021, asosiasi ini terus melakukan berbagai terobosan agar ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai semakin maju.

Ketua Umum Periklindo Moeldoko menjelaskan, pihaknya akan terus mengupayakan agar ekosistem kendaraan listrik segera terbentuk dengan sempurna, tentunya hal ini membutuhkan dukungan dari Pemerintah untuk memberikan kemudahan dalam hal pengembangan dan produksi dari produsen kendaraan listrik dan industri pendukungnya.

"Di usia yang masih terbilang sangat muda, Periklindo hadir dalam menjembatani antara industri kendaraan listrik dan Pemerintah agar percepatan industri KBLBB segera terwujud dan memberikan hasil yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas," jelas Moeldoko.

Lanjutnya, satu tahun Periklindo merupakan momentum untuk mewujudkan Indonesia menjadi salah satu pemain penting di Industri kendaraan listrik.

"Harapan kita semua harga kendaraan listrik ini menjadi semakin terjangkau, TKDN yang tinggi, dan juga lebih banyak SPKLU yang disiapkan sehingga akan memberikan dampak positif bagi semua pihak," tegasnya.

Sebagai informasi, Periklindo awalnya dibuat atas kesamaan visi dan misi dari DFSK, Mobil Anak Bangsa, Wuling, Smoot, Benelli dan juga HTM Motorcycle.

Asosiasi ini sendiri, untuk mendorong percepatan industri kendaraan listrik berbasis baterai sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia yang tertuang dalam PP no 15 tahun 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Ada Pameran Mobil Listrik Lagi pada 22 Juli 2022

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyambangi gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, Jumat (8/4/2022).

Selain berkeliling dan mengunjungi booth peserta pameran otomotif yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) ini juga mengumumkan akan ada pameran mobil listrik lagi di Indonesia.

Di sela-sela kunjungan, Moeldoko menyebutkan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik berbasis baterai semakin tinggi. Dan ini, menjadi salah satu momen untuk Indonesia bisa bertransformasi menuju era elektrifikasi.

"Minat masyarakat yang semakin tinggi, akan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai menunjukan bahwa Indonesia sudah siap menuju era elektrifikasi, dan kita tidak boleh tertinggal dengan negara-negara lain," ujar Moeldoko.

Sementara itu, terkait pameran mobil listrik, acara ini akan diinisiasi oleh Periklindo, dan akan berlangsung mulai 22 sampai 31 Juli 2022.

Jadwal tersebut, berubah dari rencana awal, yang akan diselenggarakan pada 12 sampai 22 Mei 2022, namun berbarengan dengan libur cuti bersama lebaran yang sudah diumumkan oleh pemerintah.