Sukses

Ini Hasil Uji Tabrak All New Honda HR-V

Untuk melihat tingkat keselamatan All New Honda HR-V, para penguji dari Euro New Car Assessment Programme (NCAP) baru-baru ini melakukan uji tabrak.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk melihat tingkat keselamatan All New Honda HR-V, para penguji dari Euro New Car Assessment Programme (NCAP) baru-baru ini melakukan uji tabrak.

Melansir situs euroncap.com, Senin (25/4/2022), All New Honda HR-V yang diuji benturan mempunyai spesifikasi yang sedikit berbeda dengan Indonesia. Mobil ini mempunyai mesin hybrid dan secara standar sudah dilengkapi 6 airbags.

Pengetesan yang dilakukan termasuk keselamatan untuk penumpang dewasa, anak-anak, pejalan kaki dan sistem keselamatan aktif Honda Sensing bawaannya.

Dari hasil uji tabrak Euro NCAP, All New Honda HR-V mendapatkan 4 bintang. Pada dasarnya mobil ini mempunyai tingkat keselamatan yang baik untuk orang dewasa. Hanya saja pelindung benturan samping dinyatakan pas-pasan.

Pasalnya tabrakan tersebut bisa melontarkan pengemudi atau penumpang ke sisi lainnya. Hal ini bisa dibuat lebih baik, jika Honda mempunyai airbags di bagian tengah kursi.

Sedangkan untuk keselamatan anak-anak, All New Honda HR-V dinyatakan baik atau cukup, terutama untuk bagian tubuh yang vital.

Kendati demikian Euro NCAP mencatat bahwa pada saat tabrakan, sabuk pengaman dari dummy yang berukuran seperti anak umur 10 tahun itu lepas dari pundaknya.

Tidak hanya itu tabrakan dari samping juga mengindikasikan pengamanan yang minim untuk bagian kepalanya.

Kedua hal tersebut menjadi alasan utama kenapa Honda HR-V tidak bisa mendapatkan 5 bintang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keselamatan Aktif Dapat Nilai Positif

Sementara keselamatan untuk pejalan kaki juga dinyatakan baik atau cukup, terkecuali bagian pilar kaca yang terlalu keras untuk kepala manusia dan bagian paha kurang aman karena terkena bagian dari kap mesin.

Terakhir adalah teknologi keselamatan aktif dinilai positif. Honda Sensing bawaannya menggunakan sistem kamera yang bisa mengerem otomatis saat ada orang melintas dengan Auto Emergency Braking dan mengembalikan pengemudi ke jalur yang benar melalui Lane Keep Assist.

Secara total, nilai keselamatan untuk orang dewasa mencapai 82 persen, anak-anak sebesar 75 persen, untuk pejalan kaki di angka 72 persen dan teknologi active safety bawaannya mendapatkan nilai 78 persen.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.