Sukses

Deretan Mobil Penyabet Gelar Terbaik di World Car Award 2022

Hyundai Ioniq 5 dinobatkan sebagai pemenang World Car Award 2022. Tentu saja ini menjadi pencapaian luar biasa bagi mobil listrik asal Korea Selatan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Ioniq 5 dinobatkan sebagai pemenang World Car Award 2022. Tentu saja ini menjadi pencapaian luar biasa bagi mobil listrik asal Korea Selatan tersebut.

Sekadar informasi, pemilihan kendaraan ini dilakukan lewat surat suara yang berisikan evaluasi setiap kendaraan sebagai bagian dari pekerjaan mereka. Suara ini kemudian ditabulasi oleh lembaga KPMG.

Indonesia sendiri punya wakil pada dewan juri tahun ini. Dia adalah Munawar Chalil, Publisher & Group Editor-In-Chief, dari OTO Group yang membawahi OTO.com, Carvaganza.com dan Zigwheel.co.id turut memberikan penilaiannya pada beberapa kategori yang disediakan.

Di tahun ini ada 6 kategori mobil yang dilombakan. Kategori itu adalah World Urban Car, World Luxury Car, World Performance Car, World Electric Vehicle of the Year, World Car Design of the Year dan yang terakhir sebagai pemenang keseluruhan. Lantas siapa saja, di bawah ini rangkuman lengkapnya.

Hyundai Ioniq 5: World Car, Electric Car, dan Car Design of the Year

SUV bergaya Crossover listrik murni Hyundai dengan tampilan futuristik membawanya meraih 3 penghargaan yang mengesankan. Dia diganjar penghargaan World Car of the Year, World Electric Car of the Year, dan World Car Design of the Year.

Capaian itu mengalahkan dua runner-up yang kuat, Ford Mustang Mach E dan Kia EV6, yang terakhir dibangun di atas platform e-GMP yang sama.President & CEO Hyundai Motor Company, Jaehoon Chang mengatakan, 3 penghargaan yang didapat Hyundai Ioniq 5 adalah bukti jika mobil ini sesuai dengan harapan serta keinginan konsumen.

"Ioniq 5 merupakan pencapaian penting bagi kami karena kami memelopori generasi baru solusi mobilitas cerdas dengan teknologi platform E-GMP yang inovatif, kinerja luar biasa, dan pendekatan desain dan ruang yang mengganggu. EV hasil kami mengubah permainan dan membuat dampak yang kuat pada konsumen yang semakin sadar lingkungan dan menuntut di seluruh dunia, serta keberhasilannya mendukung percepatan elektrifikasi industri otomotif," kata Chang dikutip dari keterangan resminya.

Mercedes-Benz EQS: World Luxury Car of the Year

Dari kategori World Luxury Car of the Year, Mercedes-Benz yang keluar sebagai juaranya. Di pasar global sedan listrik murni ini dihadirkan dalam 3 opsi berbeda, pertama EQS 450, EQS 580, dan versi AMG yang lebih berorientasi pada performa ketimbang kenyamanan.

Dengan teknologi, desain eksterior, kelengkapan fitur, serta tampilan interior yang dimiliki Mercedes-Benz EQS rasanya tepat memilih mobil ini sebagai kendaraan mewah terbaik di 2022. Sedikit informasi saja, EQS juga dikabarkan bakal meluncur di Tanah Air pada tahun ini, produk tersebut diboyong sebagai jawaban dari Mercedes-Benz Indonesia terkait kendaraan ramah lingkungan.

"Kami sangat merasa terhormat dan bangga menerima penghargaan ini. Ini merupakan perjalanan yang intens untuk membangun Arsitektur Kendaraan Listrik di mana EQS adalah produk pertama. Menerima penghargaan ini adalah simbol yang kuat bagi seluruh tim dan memperkuat tujuan kami untuk membangun mobil listrik yang paling diinginkan di dunia", jelas Christoph Starzynski, Wakil Presiden Arsitektur & Pengembangan Kendaraan Listrik Electric Drive Mercedes-Benz.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Toyota Yaris Cross: World Urban Car of the Year

Jenama asal Jepang, Toyota juga menuliskan namanya di penghargaan ini. Model Toyota Yaris Cross didapuk sebagai World Urban Car of the Year, yang mana di pasar Amerika Yaris versi crossover ini memang diminati oleh konsumen.

Chief Engineer Toyota Compact Car Company, Toyota Motor Corporation, Takatomo Suzuki menyebutkan landasan Toyota untuk selalu membuat mobil kompak yang baik diterjemahkan lewat Yaris Cross. Penghargaan ini, menurutnya sebagai motivasi untuk terus mengembangkan mobil berkualitas tinggi.

"Kami merasa terhormat mendapat penghargaan World Urban Car. Landasan kami adalah selalu membuat mobil kompak yang baik, dan filosofi ini memandu kami untuk mengembangkan Yaris Cross sebagai mobil kompak dengan area kargo dan utilitas yang luas, serta cukup memadai," pungkasnya.

Audi E-Tron GT: World Performance Car of the Year

Penghargaan terakhir sebagai World Performance Car of the Year jatuh kepada Audi E-Tron GT (Gran Turismo). Mobil sport listrik 4 pintu ini memiliki tenaga maksimal sampai 637 daya kuda dan diklaim bisa melaju dari posisi 0 sampai 100 km per jam dalam waktu 3,9 detik dan punya kecepatan puncak hingga 244 km per jam.

Rangkaian komponen listrik serta output yang dihasilkan dari Audi E-Tron GT memuluskan identitasnya sebagai mobil listrik dengan performa yang beringas. Di lain hal, eksotisnya tampilan eksterior, interior, dan fitur juga pasti jadi pertimbangan mengapa mobil ini diganjar penghargaan.

"Tujuan besar kami dengan Audi E-tron GT adalah untuk menata kembali filosofi Gran Turismo untuk era kendaraan listrik. Dia menggabungkan pengendaraan yang sporty dan bertenaga untuk kegunaan sehari-hari yang tinggi. Terima kasih banyak kepada juri World Car yang telah memberikan penghargaan kepada Audi E-tron GT dengan penghargaan World Performance Car tahun 2022," kata Christiane Zorn, Head of Product Marketing at Audi AG.

Untuk diketahui Audi E-Tron GT menyingkirkan 3 finalis mobil sport lainnya, mobil ini menang setelah dinilai lebih baik daripada BMW M3 serta M4, dan Toyota GR 86 atau Subaru BRZ.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.