Sukses

Harga Beda Tipis, Mending Hyundai Creta Prime atau Honda HR-V SE?

All new Honda HR-V diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) beberapa waktu lalu. Berstatus all new, crossover asal Jepang ini mengalami pembaruan dari semua sisi.

Liputan6.com, Jakarta - All new Honda HR-V diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) beberapa waktu lalu. Berstatus all new, crossover asal Jepang ini mengalami pembaruan dari semua sisi.

Yang menarik harga All New Honda HR-V tidak terlalu berbeda dari model sebelumnya, terutama mobil dengan mesin 1.500cc naturally aspirated.

Paling menonjol adalah Honda HR-V SE yang dijual Rp 399,9 juta. Harga tersebut cukup dekat dengan banderolan Hyundai Creta Prime Two Tone. Bahkan selisih harga di antara kedua mobil ini hanya Rp 900 ribu.

Lantas, lebih menarik Honda HR-V SE atau Hyundai Creta Prime Two Tone?

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Eksterior

All New Honda HR-V mengusung tampilan baru, selain lebih modern, tampil tegas dibanding model sebelumnya. Paling mencolok adalah bagian belakang di mana sektor buritan SUV ini sudah tidak lagi membulat.

Sebaliknya Hyundai Creta di Indonesia pada dasarnya adalah versi facelift dari mobil yang sama di India. Mobil ini disematkan wajah baru Hyundai dengan adanya grill parametric jewel pattern yang disatukan dengan DRL LED.

Secara kelengkapan, Honda HR-V dan Hyundai Creta sama-sama komplet. Kedua crossover perkotaan ini sudah disematkan lampu depan dan belakang LED, panoramic sunroof di atap dan keyless entry.

Yang berbeda, Honda HR-V SE mempunyai lampu kabut LED terpisah dan pelek berukuran 18 inci, lebih besar dari Creta yang masih 17 inci. Namun panoramic sunroof HR-V tidak bisa dibuka seperti rivalnya dari Korea Selatan.

3 dari 5 halaman

Interior

Kabin kedua mobil ini sama-sama tidak kalah menarik. All New Honda HR-V mempunyai desain interior yang lebih tegas, terutama di bagian dasbor yang bertingkat. Kendati demikian beberapa parts diambil dari mobil Honda lainnya, seperti panel AC, speedometer dan tombol-tombol di setir.

Sedangkan nterior Hyundai Creta cukup mixed bag. Beberapa area terkesan mewah, seperti adanya tarikan yang melingkari dasbor hingga ke panel pintu. Sebaliknya rasa mahal mobil ini cukup turun dengan letak head unit yang belum floating dan minimnya panel-panel empuk di dasbor.

Di luar dua hal tersebut, crossover ini terbilang komplet dari segi fitur. Tipe termahal Creta Prime sudah dipasangkan speedometer full TFT berukuran 10.25 inci, ambient lighting, wireless charging, air purifier dan ventilated seat untuk jok depan.

Fitur-fitur kenyamanan di Creta tidak ditemukan pada HR-V SE. Mobil ini dibekali kelengkapan yang mendasar, seperti speedometer dengan MID biasa, ventilasi AC baris kedua, dan head unit dengan konektivitas ke handphone.

 

4 dari 5 halaman

Keselamatan dan Performa

Paket keselamatan All New Honda HR-V SE dan Hyundai Creta saling sikut. Kedua SUV ini telah disematkan teknologi active safety, yakni Honda Sensing untuk HR-V dan Hyundai Smartsense untuk Creta.

HR-V sedikit lebih unggul, lantaran Honda Sensing sudah tersedia dengan Adaptive Cruise Control (ACC) dan Honda LaneWatch. Namun jumlah airbags mobil ini masih empat, kurang dibandingkan Creta yang mempunyai 6 airbags.

Performa Honda HR-V SE juga lebih unggul dibandingkan Creta Prime. Crossover andalan Honda ini memboyong mesin 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm.

Yang menarik, Hyundai Creta mempunyai kapasitas mesin yang sama, tetapi dengan output yang lebih rendah. Mesin mobil ini tercatat menghasilkan tenaga 115 PS dan torsi 143.8 Nm. Kedua mobil menggunakan transmisi CVT.

Untuk harga, All New Honda HR-V SE dijual pada angka Rp 399,9 juta, tidak termasuk warna two tone. Sedangkan Hyundai Creta Prime Two Tone dibanderol Rp 399 juta.

Dengan kedua mobil bersaing di kelas SUV kompak dan memiliki selisih harga tidak terlalu signifikan, mobil mana yang lebih unggul?

Sumber: Otosia.com

5 dari 5 halaman

Infografis Tak Usah Pilih-Pilih, Ayo Cepat Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.