Sukses

Bukti Keseriusan Mitsubishi dalam Menyambut Era kendaraan Listrik di Indonesia

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kerjasamanya dengan empat (4) perusahaan di Indonesia dalam melakukan uji coba Mitsubishi Minicab MiEV

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kerjasamanya dengan empat (4) perusahaan di Indonesia dalam melakukan uji coba Mitsubishi Minicab MiEV. Keempat perusahaan yang digandeng di antaranya PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia.

Langkah ini menarik karena Mitsubishi justru melakukan survey kelayakan kendaraan listrik niaga ringan. Pabrikan tiga berlian itu beranggapan bila mobil listrik niaga ringan justru jauh lebih bermanfaat bagi perusahan-perusahaan logistik.

Selain itu mereka juga melakukan kampanye elektrifikasi lainnya dengan membangun fasilitas Dendo Drive House (DDH). Sistem DDH ini terdiri atas panel surya, baterai penyimpanan di rumah, modul DC to AC, dan bi-directional charger. Ini memungkinan Anda mengalirkan listrik dari rumah ke mobil atau sebaliknya.

Disebutkan, salah satu mobil listrik itu akan digunakan Gojek selama enam bulan dalam operasi logistiknya di area Jabodetabek. Studi ini bertujuan untuk memahami dan mengekspolrasi aplikasi EV komersial, dengan memverifikasi data penggunaan aktual, termasuk jarak tempuh, riwayat pengisian daya, dan rute pengiriman.

Menurut Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura, kerjasama pilot studi bersama ini menjadi milestone terbaru dari kelanjutan komitmen Mitsubishi Motors untuk mengakselerasi pengembangan mobil listrik di Indonesia dan proses menuju kontribusi kendaraan tanpa emisi dengan memanfaatkan battery electric vehicle.

"Terkait studi Minicab-MiEV, apresiasi tertinggi kami terhadap mitra perusahaan terkemuka PT Pos Indonesia, PT Haleyora Power, Gojek, dan DHL Supply Chain Indonesia, termasuk Pemerintah Indonesia yang dengan antusiasme positif mendukung akselerasi pemanfaatkan kendaraan listrik," terangnya beberapa waktu lalu.

Dirinya menilai, melalui studi ini pihaknya dapat mengeksplor lebih luas pemanfaatan model kendaraan listrik komersial Mitsubishi Motors di Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membangun Kepercayaan

Sementara itu, Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI menyampaikan, lewat pilot study ini pihaknya ingin memberikan reabilitas, dan keunggulan dari kendaraan listrik Mitsubishi. MMKSI berkeinginan agar partner-nya percaya diri dengan mobil listrik mereka.

"Karena sudah melakukan uji coba dengan partner kami, maka dari situ kami ingin meyakinkan partner-partner itu harus percaya diri dengan kendaraan yang kami tawarkan," ujarnya.

Dirinya juga menyebutkan jika harga menjadi salah satu acuan yang paling diperhatikan MMKSI. "Namun yang lebih penting lagi bagaimana kita bisa memberikan kendaraan listrik yang ability, durabilitas dan ketahanannya baik kepada masyarakat," imbuhnya Mii.

Sekadar informasi, Minicab-MiEV yang digunakan pada studi bersama ini memiliki spesifikasi 4-seater, 2WD, dengan kapasitas baterai 16 kWh. Mobil ini mampu menempuh jarak hingga 150 kilometer.

Mobil listrik ini memiliki power 30kW (41ps) / 2.500 -6.000 rpm, dengan torsi 20 kgf.m (196 N.m) / 0 – 300 rpm.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menjajal Mitsubishi Minicab-MiEV di GIIAS 2021. Saat itu Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai penumpang.

Saat itu, Jokowi dan Agus Gumiwang mencoba mobil listrik ini memutari pelataran depan gedung ICE, sebanyak satu kali.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.