Sukses

Satu Juta Unit BMW Terpaksa Direcall, Dampaknya Bikin Ngeri

BMW akhirnya memutuskan untuk melakukan penarikan kembali atau recall terkait beberapa model. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh pabrikan asal Jerman ini dikabarkan berpotensi mengalami kebarakan.

Liputan6.com, Jakarta - BMW akhirnya memutuskan untuk melakukan penarikan kembali atau recall terkait beberapa model. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh produsen mobil asal Jerman ini dikabarkan berpotensi mengalami kebakaran.

Alhasil, sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada keselamatan konsumen, BMW melakukan recall sebanyak 1,03 juta kendaraan yang ada di seluruh dunia. Adapun penarikan tersebut meliputi beberapa model seperti Seri 1, Seri 3, X3, Seri 5, X5, dan Z4 yang diproduksi dalam rentang tahun 2006 sampai 2013.

Dilansir Reuters, penarikan kembali dikarenakan adanya kerusakan pada pemanas untuk katup ventilasi Positive Crankcase Valve (PCV) dapat mengalami korsleting. Akibatnya, dari kerusakan tersebut dikatakan dapat berpotensi meningkatkan risiko kebakaran.

Dari total 1,03 juta kendaraan yang ditarik, mencakup sebanyak 917.106 unit yang ada di Amerika Serikat, 98.000 di Kanada, dan 18.000 di Korea Selatan. Meski demikian, BMW menjelaskan bahwa beberapa kendaraan yang telah di-recall sebelumnya, telah mendapatkan perbaikan mencakup penggantian komponen terkait.

Recall ini dipicu oleh serangkaian laporan kebakaran di kendaraan BMW yang sebelumnya ditarik dan telah diperbaiki. BMW menjelaskan berdasarkan penyelidikannya telah menunjukkan bahwa masalah produksi pemasok dapat menjadi penyebab kerusakan pemanas pada katup PVC.

Meski mendapatkan laporan bahwa akibat kerusakan komponen tersebut dapat menyebabkan kebakaran, namun mereka belum mendapatkan laporan adanya korban dari kejadian tersebut.

Pabrikan juga memberikan informasi kepada pelanggan, di mana mereka tidak perlu terlalu khawatir dengan masalah tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah ketika melihat asap keluar dari mobil, diharapkan bisa menepikan mobil dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMW Indonesia Berikan Mobil Baru untuk Safety Car di Mandalika GP 2022

BMW 330e M Sport akan menjadi Safety Car MGPA khusus untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit.

BMW 330e M Sport adalah sedan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Kombinasi mesin bensin 2.0L dan motor elektrik mampu menghasilkan tenaga hingga 252 hp dengan torsi 420 Nm.

Efisiensinya terbaik di kelasnya. Kendaraan ini merupakan pilihan terbaik yang dapat memberikan kepuasan di dua sisi, baik untuk aspek kenikmatan berkendara maupun efisiensi.

Secara global, BMW adalah Official Partner of MotoGP sejak 1999, yang terlibat dan menyediakan berbagai model kendaraan BMW M sebagai Safety Car untuk gelaran MotoGP di seluruh dunia. Selain itu, kendaraan BMW M menjadi hadiah untuk pembalap terbaik di MotoGP.

Untuk MotoGP 2022 di Pertamina Grand Prix of Indonesia, BMW menghadirkan BMW M3, BMW M5 CS, dan BMW M2 CS terbaru. BMW M2 CS yang hadir di ajang ini merupakan model terbaru yang diluncurkan secara global pada 14 Februari lalu.

Selain itu, sejak 2021 BMW M juga menghadirkan BMW M 1000 RR Safety Bike untuk mengawal jalannya MotoGP.

Bayu Riyanto, Vice President of Sales and Network Development BMW Indonesia, mengatakan BMW Indonesia kembali menjadi Official Mobility Partner untuk Sirkuit Mandalika.

3 dari 3 halaman

Infografis 11 Aplikasi untuk Konsultasi Online dan Obat Gratis Pasien Isolasi Mandiri Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.