Sukses

Mercedes-Benz Indonesia Gelar Kampanye Penggantian Airbag

Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) melakukan kampanye keselamatan modul airbag Takata yang berdampak pada model kendaraan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) melakukan kampanye keselamatan modul airbag Takata yang berdampak pada model kendaraan tertentu.

Langkah ini bertujuan untuk memastikan keselamatan pelanggan dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kondisi modul airbag di dalam kendaraan setelah sekian lama.

Kampanye ini sudah mulai dilakukan pada 2019 lalu bagi produk Mercedes-Benz secara global terhadap produk mobil penumpang yang terdampak.

Produsen kendaraan asal Jerman ini bekerja sama dengan pihak berwenang dan Joyson Safety System (Perusahaan penerus Takata) untuk bertukar informasi terkait temuan dan kondisi terkini.

Khusus di Indonesia, MBDI dan Mercedes-Benz Group AG meyakinkan konsumennya bahwa semua mobil penumpang Mercedes-Benz yang diproduksi saat ini tidak lagi dilengkapi dengan Takata atau airbag pabrikan lain yang berbahan dasar amonium nitrat sebagai propelan utama. Mereka menyarankan pengguna yang masyk daftar untuk melakukan pergantian.

Model-model yang di Indonesia terdampak antara lain A-Class sebanyak 169 unit, C-Class sebanyak 204 unit, E-Class Coupe sebanyak 207 unit, E-Class sebanyak 212 unit.

Kemudian ada juga unit ML-Class sebanyak 164 unit, SLK sebanyak 171 unit, R-Class sebanyak 251 unit, SLS AMG sebanyak 197 unit, Sprinter sebanyak 906 unit dan Vito/van sebanyak 639 unit.

Nah, model-model ini adalah produksi antara tahun 2004 sampai 2016 yang telah teridentifikasi sebagai model yang tercakup dalam program pemanggilan kembali ini. Total sebanyak 3.120 unit kendaraan Mercedes-Benz terdampak masalah airbag ini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Memeriksa VIN Kendaraan yang Terdampak

Semua pemilik Mercedes-Benz yang terkena dampak dapat memeriksa VIN kendaraan mereka di microsite Mercedes-Benz www.mercedes-benz.co.id/passengercars/being-an-owner/servicecampaign.html atau menghubungi Customer Care Center di 1-5000-50 untuk mengkonfirmasi apakah mobil mereka telah diidentifikasi untuk program ini.

Harapannya konsumen menghubungi diler resmi dahulu untuk mengganti airbag tergantung kesediaan suku cadang. MBDI akan menginformasikan pada konsumen dan ditawarkan airbag pengganti baru secara cuma-cuma jika terdampak.

Sebagai informasi tambahan, airbag merupakan inovasi yang muncul pertama kali pada Desember 1980 dan merupakan inovasi dari Mercedes-Benz bersama Bosch.

Sedan Mercedes-Benz S-Class seri model 126 merupakan mobil pertama yang menggunakan teknologi airbag dan sejak 1992, airbag pengemudi telah menjadi perlengkapan stadar di semua model Mercedes-Benz diikuti airbag penumpang sebagai standar keselamatan di 1994.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini