Sukses

Bukan Tak Mungkin Kijang Innova Usung Mesin Barunya Toyota Fortuner

Liputan6.com, Jakarta - New Toyota Fortuner menjadi model pertama yang diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di tahun baru 2022. SUV andalan Toyota Indonesia ini memiliki opsi mesin baru, yakni 1GD-FTV 2.800cc.

Jantung mekanis tersebut jauh lebih bertenaga dibanding 2GD-FTV 2.400cc yang sudah eksis lebih dulu.

Tercatat, new Toyota Fortuner dengan mesin 1GD-FTV 2.8L Diesel DOHC, VNT Intercooler mampu menghempaskan tenaga sampai 197,5 daya kuda pada putaran mesin 3.000-4.000 rpm.

Torsinya terbilang badak yang mana mampu memproduksi hingga 499 Nm sejak putaran mesin rendah 1.600-2800 rpm.

Sementara Toyota Fortuner dengan mesin 2GD-FTV 2.4L Diesel DOHC, VNT Intercooler memiliki tenaga 147 daya kuda pada putaran mesin 3.400 rpm dan torsi puncak 400 Nm di 1.600 rpm.

Sebuah angka yang menunjukkan jika mesin diesel baru 2.8L besutan Toyota ini tergolong powerful, tenaga melonjak 36 persen dan torsi naik 25 persen.

Perlu diketahui, peluncuran Fortuner dengan mesin baru ini bukan menggantikan model yang lama. Namun TAM coba memberikan opsi yang lebih banyak sehingga konsumen bisa menentukan sesuai kebutuhannya masing-masing.

Lantas mungkinkah mesin anyar di Fortuner juga disematkan pada Innova yang memiliki pangsa pasar cukup besar di Tanah Air?

Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy coba memberikan pandangannya. Menurut dia, setiap pengembangan pada produk baru dari Toyota mengacu pada riset keinginan dan permintaan konsumen.

Jika ada pasarnya, bukan tak mungkin Kijang Innova juga akan berbekal mesin yang serupa.

"Tapi pastinya ke depan kita akan terus mendengarkan suara dan permintaan masyarakat menyoal apakah ada demand untuk mesin 1GD ini ke produk yang lain. Namun pada pada dasarnya, saat ini kita fokus ke Fortuner yang kelihatan demand-nya sangat jelas," kata Anton beberapa waktu lalu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Riset Internal

Berdasarkan riset internal Toyota Indonesia, konsumen Fortuner lebih banyak yang menginginkan adanya pilihan mesin yang lebih besar ketimbang Innova.

Tapi sekali lagi, bukan menutup kemungkinan jika mesin 1GD-FTV 2.800 cc juga akan dibenamkan di balik bonnet Kijang Innova.

"Intinya begini, setiap produk yang kita luncurkan pastinya mendengarkan suara atau demand dari konsumen. Memang jika dibandingkan dengan Innova permintaan untuk tenaga mesin yang lebih besar sangat terlihat jelas di segmen Fortuner. Saya rasa ini alasan kita memprioritaskan lebih dulu mesin 1GD ke Fortuner," ucapnya.

Menarik buat ditunggu kehadiran Toyota Kijang Innova bermesin 2.800 cc di Indonesia. Apakah Anda salah satu yang menginginkannya?

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19