Sukses

Harga Beda Rp 100 Ribu, Pilih Varian Termurah Hyundai Creta atau Honda BR-V?

Liputan6.com, Jakarta - Honda BR-V dan Hyundai Creta memiliki dua persamaan, yang pertama sama-sama diperkenalkan di Indonesia pada 2021 lalu, dan yang kedua harganya cukup berdekatan.

Yang menarik, tipe termurah dari kedua SUV ini mempunyai selisih harga yang cukup dekat. Perbedaan harga Honda BR-V tipe S dan Hyundai Creta tipe Active cuma Rp 100 ribu.

Dengan selisih harga jual yang sangat tipis, Honda BR-V atau Hyundai Creta yang layak untuk dipinang?

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Eksterior dan Fitur

Untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan kedua mobil tersebut, bisa dimulai dari tampilan eksterior. Perbedaan paling mencolok pada keduanya bisa dilihat dari bentuk bodi. Hyundai Creta mengusung desain crossover perkotaan yang stylish dengan banyaknya tarikan garis dinamis dan bodi yang tergolong kompak,

Dari segi fitur, Creta Active disematkan lampu LED position lamp, lampu depan dan belakang halogen, pelek lima palang 17 inci motif kipas, antena shark fin, gril berwarna dark silver, serta spoiler dengan lampu rem LED.

Sementara Honda BR-V pada dasarnya adalah mobil keluarga dengan tampilan SUV. Tidak heran jika bentuk bodi BR-V cenderung lebih memanjang untuk bisa menampung 7 penumpang.

Fitur pada Honda BR-V termurah cukup sederhana. LSUV ini lebih unggul pada pencahayaan, di mana lampu depan dan belakang sudah seluruhnya LED. Namun pelek 16 inci bawaannya masih model kaleng dengan dop dan antena masih short pole.

3 dari 5 halaman

Interior

Sama seperti eksterior, kabin kedua SUV ini punya desain yang berbeda. Hyundai Creta Active mempunyai interior yang seluruhnya hitam, mulai dari panel pintu hingga kursi penumpang.

Yang menarik, Creta Active cukup komplet dari segi fitur. SUV perkotaan ini mempunyai head unit 8 inci dengan konektivitas ke Android Auto dan Apple Carplay nirkabel, audio steering switch, armrest depan dan belakang (plus cupholder), dan tempat pengecasan gadget di baris pertama dan kedua.

Di sisi lain BR-V termurah mengusung seperti Honda Amaze, Brio versi sedan di India. Selain terlihat sederhana, tidak terasa unsur mewah pada sektor ini, seperti banyaknya panel plastik keras di sekitar kabin.

Tidak hanya itu, kursi baris kedua tidak mendapatkan armrest dan power outlet 12 volt seperti model-model di atasnya, tidak ada panel kayu atau black piano untuk mempermanis kabin mobil, dan belum dilengkapi audio steering switch.

Tapi setidaknya Honda BR-V lebih mumpuni soal mengakomodir kebutuhan daya angkut penumpang dengan adanya kursi baris ketiga.

4 dari 5 halaman

Teknologi dan Performa

Bekal yang disematkan pada kedua mobil ini tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama dibekali dual airbags, ABS, EBD, Vehicle Stability Assist (VSA), dan Hill Start Assist (HSA) sebagai standar. Namun hanya Creta yang mempunyai Emergency Stop Signal (ESS) dan rem parkir elektrik, meski pada varian termurah sekali pun.

Hyundai Creta Active dan Honda BR-V S sama-sama mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated, berpenggerak roda depan (FWD), dan dibekali transmisi manual 6 percepatan. Mesin Creta sanggup menggelontorkan tenaga sebesar 115 PS dengan torsi puncak 143.8 Nm. Sebaliknya jantung BR-V menyemburkan daya 121 PS dan torsi 145 Nm.

Untuk harga, Hyundai Creta Active dibanderol Rp 279 juta, sedangkan Honda BR-V S dijual Rp 278,9 juta.  Dengan perbedaan harga Rp 100 ribu, mending milih Hyundai Creta yang lebih kaya fitur atau Honda BR-V yang lebih muat banyak?

Sumber: Otosia.com

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Cara Lindungi Diri dan Cegah Penyebaran Covid-19 Varian Omicron