Sukses

Yamaha Luncurkan Motor Baru pada 17 Januari 2022, Penantang Honda Scoopy?

Liputan6.com, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor manufacturing (YIMM) langsung buka 2022 dengan berbagai produk baru. Setelah warna baru dari XSR 155, jenama berlambang garpu tala ini juga siap menghadirkan motor baru lagi pada pekan depan, tepatnya 17 Januari 2022.

Berdasarkan unggahan di akun instagram resmi @yamahaindonesia, sebuah video teaser menunjukan model baru tersebut. Disinyalir, roda dua anyar dari pabrikan asal Jepang ini, adalah sebuah skuter matik (skutik) dengan tampang retro bermesin 125cc.

Kepastian produk baru ini, juga datang dari undangan yang masuk ke meja redaksi Liputan6.com, terkait review model baru tersebut, yang akan diadakan di sebuah tempat di bilangan Jakarta Selatan.

Walau belum jelas informasi produk baru ini, dugaan mengarah ke sebuah skutik dengan desain retro bernama Fazzio 125. Bahkan, telah terungkap juga di dokumen instansi pemerintahan, tertera kode BEJ A/T dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (pre-pajak) Rp 12,2 juta.

Meski tak ada logo atau emblem Yamaha, bisa terlihat komponen CVT memiliki kemiripan dengan produk garpu tala di pasar domestik saat ini. Mulai dari blok transmisi, filter udara, dan roda punya kesamaan dengan Yamaha Gear atau Freego 125 cc.

Berdasarkan besaran angka NJKB, dia bukan jenis skuter Maxi (150 cc ke atas) dari Yamaha. Namun jenis motor matik dengan kubikasi mesin 125 cc. Banyak produk Yamaha menggunakan pemacu di level ini seperti Gear, Mio, Soul GT, Freego dan Fino. Semua memiliki rasio kompresi 9,5:1.

Daya maksimum tersalur 7 kW atau 9,52 PS di 8.000 rpm. Sedangkan torsi puncak diraih 9,6 Nm (0,98 kgf.m) sejak 5.500 rpm. Mereka memakai sistem starter elektrik berikut pelumasan mesin 0,80 liter.

2 dari 3 halaman

Yamaha Fino

Dengan begitu, motor ini memang sepertinya akan menjadi penantang Honda Scoopy. Selama ini, Yamaha di segmen tersebut, memang memiliki satu model, yaitu Fino.

Namun, melihat perjalanan ke belakang dari model ini, Yamaha terakhir kali menghadirkan penyegaran besar pada 2017 lalu yang saat itu dihadirkan dalam tiga varian yakni Grande AKS SS, Premium, dan Sporty.

Sejak saat itu, bahkan sampai rivalnya Scoopy hadir versi all new pada 2021, pabrikan hanya melakukan ubahan atau menawarkan warna dan grafis baru saja.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik