Sukses

Harga Motor Listrik di Indonesia Idealnya di Bawah Rp 15 Juta

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, harga ideal motor listrik memang seharusnya di bawah Rp15 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Pengembangan kendaraan listrik, baik mobil ataupun motor tengah berlangsung cepat di Indonesia. Berbagai merek telah menghadirkan dan menjual roda empat dan roda dua ramah lingkungannya di Tanah Air.

Namun, permasalahan yang terjadi terkait kendaraan listrik ini, adalah harga jual. Bahkan, tidak hanya untuk mobil, motor saja masih memiliki harga jual yang cukup mahal, bahkan dibandingkan dengan roda dua konvensional, yang memang kehadirannya sudah sangat diterima masyarakat Indonesia.

Lalu, berapa harga jual yang ideal untuk motor listrik di Indonesia?

Dijelaskan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, harga ideal motor listrik memang seharusnya di bawah Rp15 juta.

"Range harga motor listrik yang ideal memang Rp10 juta sampai Rp15 juta. Bahkan, IMI juga sedang menyiapkan motor listrik dengan harga di bawah Rp10 juta," jelasnya saat menghadiri penyambutan tim uji motor listrik BL-SEV01 di Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan, Selasa (12/10/2021).

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), mengharapkan harga baterai kendaraan listrik bisa lebih murah, untuk menekan ongkos produksi pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air.

"Saya berharap dapat ditekan ongkos produksinya. Mudah-mudahan dengan produksi baterai di indonesia, harganya bisa lebih murah," tegasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IMI Kenalkan Motor Listrik BS, Harga di Bawah Rp 10 Juta

Dukungan Ikatan Motor Indonesia (IMI) terhadap percepatan kendaraan listrik di Tanah Air diwujudkan dengan memperkenalkan motor listrik yang dipasarkan IMI. Motor listrik tersebut bermerek Bike Smart (BS).

Diluar informasi motor yang sudah dilengkapi boks, sayangnya tidak ada penjelasan teknis lanjutan mengenai motor listrik BS yang dipasarkan IMI tersebut.

Motor Listrik berlogo kepala harimau tersebut dijual di bawah Rp 10 juta, dan sudah mulai dipasarkan di Indonesia.

"Sudah berbagai merek yang membuat kendaraan full electric. IMI ikut memperbanyak peredaran motor listrik. Inilah salah satu contohnya, sepeda motor listrik murah di bawah Rp 10 juta. Inilah Bike Smart dari IMI untuk negeri, dan boleh kredit," terang Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo.

"Dengan ini maka masyarakat kita akan memiliki tabungan untuk biaya sehari-hari. Tidak lagi ada biaya servis, ganti oli dan isi BBM tidak lagi diperlukan," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Unicorn di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.