Sukses

Direvitalisasi Rp 35 Triliun, Museum Sepeda Motor Ini Jadi Daya Tarik Wisata

Museum Sepeda Motor Pesaro di Italia, mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk direvitalisasi agar lebih menarik bagi banyak pengunjung

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Italia, melalui Kementerian Kebudayaan, akan menggelontorkan dana sebesar US$ 2,3 miliar atau setara dengan Rp 35 triliun untuk merevitalisasi Museum Sepeda Motor Nasional.

Keberadaan musem ini nantinya akan bersamaan dengan dua bangunan lain seperti Museum Pesaro Benelli dan Museum Officine Benelli.

Dilansir rideapart, Minggu (3/10/2021), nantinya proyek ini akan melakukan pengembangan dan mencakup museum Benelli dalam upaya menjadikan Pesaro sebagai Ibu Kota Roda Dua Dunia.

Setelah mendapat restu dari kementerian terkait, Wali Kota Pesaro, Matteo Ricci, juga menjelaskan dengan adanya dana tersebut akan memposisikan kotanya sebagai situs yang ideal.

"Tempat yang sangat berharga, yang hanya bisa lahir di kota kami. Ini adalah 'Tanah Pilot dan Mesin'. Tempat tinggal banyak kolektor, mulai dari koleksi Morbidelli yang saat ini dipamerkan di Museum Pesaro Benelli," jelas Ricci.

Sempat tutup karena pandemi Covid-19, kini museum tersebut sudah dibuka kembali dan menampilkan sebanyak 71 unit sepeda motor yang mewakili 30 brand berbeda.

Beberapa brand sepeda motor yang sudah mengisi museum tersebut tidak hanya dari pabrikan Italia semata, tetapi ada juga pabrikan lain yang mengisi lantai pameran museum tersebut, seperti antara lain adalah Moto Guzzi, Harley-Davidson, dan Moto-Reve.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disambut Baik Walikota Pesaro

Dengan langkah pemerintah yang mau membantu untuk merevitalisasi museum ini, Ricci, juga kembali menyampaikan bahwa ini adalah langkah yang bagus untuk memberikan identitas kota kepada dunia bahwa Pesaro merupakan wilayah yang tidak lepas dari sisi otomotif.

"Hasil yang bagus, langkah maju yang lebih jauh. Sepeda motor adalah ciri identitas wilayah kita dan akan semakin menjadi elemen daya tarik wisata," tambah Ricci.

Museum ini tidak hanya menampilkan deretan motor klasik nan bersejarah, tetapi di dalam museum ini pengelola juga menghadirkan empat pusat multimedia, layar proyeksi, dokumen sejarah dan foto penunjang agar pengunjung memahami sejarah Benelli yang begitu luas.

3 dari 3 halaman

Infografis: Sumber Air Baku PAM Jaya Untuk DKI Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.