Sukses

3 Cara Menghemat Biaya Perawatan Mobil Kesayangan

Saat membeli mobil, pemilik juga memiliki konsekuensi untuk mengeluarkan biaya perawatan. Hal tersebut penting, agar performa roda empat kesayangan tetap optimal

Liputan6.com, Jakarta - Saat membeli mobil, pemilik juga memiliki konsekuensi untuk mengeluarkan biaya perawatan. Hal tersebut penting, agar performa roda empat kesayangan tetap optimal, meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Namun, terkadang pemilik mobil justru acuh dalam urusan perawatan apalagi melakukan servis rutin. Tak jarang mereka hanya ingin menggunakan mobilnya saja.

Sebaliknya, jika mobil tidak dilakukan servis justru hal itu akan menimbulkan banyak masalah. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk berbagai pergantian komponen akan membuat kantong jebol.

Karena itu situs asuransi kendaraan Garda Oto, memberikan beberapa tips agar Anda menghemat biaya perawatan mobil. Mau tahu apa saja, berikut ulasannya:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Gunakan suku cadang resmi

Usahakan untuk selalu menggunakan suku cadang resmi sesuai jenis mobil. Sebab, apabila Anda sebelumnya berpikir untuk menggunakan suku cadang palsu sebagai solusi menghemat anggaran merawat kendaraan Anda, sebaiknya coba pikir ulang sekali lagi.

Tidak bisa dipungkiri, memang harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan yang asli. Namun, ingat suku cadang yang tidak direkomendasikan dapat berpotensi merusak komponen yang ada di dalam mobil.

Bukannya mendapatkan untung, malah berujung rugi. Sebaliknya suku cadang resmi yang direkomendasikan memiliki kualitas baik dan tahan lama.

 

3 dari 5 halaman

2. Lakukan Servis Secara Berkala

Melakukan servis mobil secara rutin justru akan sangat menguntungkan, karena mobil Anda tetap dalam performa yang baik dan kondisi mesin mobil tetap terawat.

Apabila mobil jarang diservis, besar kemungkinan akan muncul masalah-masalah lain. Ikuti pedoman sesuai standar mengenai pemilihan oli, penggunaan bahan bakar yang tepat, pemeriksaan komponen listrik mobil, AC, serta bagian-bagian penting mulai dari filter, karburator, dan lain-lain. 

Dengan servis rutin, mesin dan komponen lainnya akan terawat sehingga memungkinkan mobil terhindar dari kondisi rusak berat yang justru membuat harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk perawatan.

4 dari 5 halaman

3. Gunakan Asuransi Kendaraan

Jika tidak menggunakan asuransi, tentunya bila terjadi sesuatu pada kendaraan, pasti Anda sendiri yang merasa kerepotan dan harus beralih menggunakan sarana transportasi lain dan biaya perjalanan lebih besar dari uang bahan bakar kendaraan.

Sebaliknya dengan mengasuransikan kendaraan, maka biaya perbaikan akibat  kerusakan atau kecelekaan akan ditanggung perusahaan asuransi melalui proses klaim. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlampau mahal untuk perbaikan.

5 dari 5 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.