Sukses

Fantastis, Harga Toyota Corolla AE 86 Tembus Rp 900 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Corolla identik dengan mobil sedan atau SUV di Indonesia. Karakter khas yang dimiliki adalah kenyamanan dan juga kemewahan. Namun, Corolla dari era 1980-an memiliki karakter yang berbeda.

Pada tahun 1980an, nama corolla tersedia dengan bodi coupe atau dua pintu, berkode AE86 dan menggunakan penggerak roda belakang. Mobil tersebut menjadi pilihan utama bagi orang yang gemar menyetir mobil sports dengan harga terjangkau.

Seiring berjalannya waktu, mobil ini menjadi buruan para kolektor, terutama dalam kondisi orisinil, bukan modifikasi karena faktor usia. Tidak heran jika dalam kondisi baik dan orisinil, mobil ini dihargai tinggi.

Seperti Toyota Corolla AE86 yang laku £46.250 atau Rp 934 juta di Inggris (kurs £1 = Rp 20.196). Padahal beberapa tahun sebelumnya harga jualnya belum menyentuh setengahnya. Apakah wajar membayar harga tinggi itu demi sebuah Corolla?

Jika dilihat lebih detail bodi masih terlihat sangat sehat dari luar dan dalam. Lampu-lampu masih jernih, tidak terlihat baret pada bumper dan pintu, dan kaca-kaca pun masih kinclong. Kabin pun terlihat terawat. Jok depan berkondisi prima, dasbor masih utuh serta part lainnya serba orisinal.

Tidak heran kenapa ada yang berani membeli mobil sport lawas itu di atas Rp 900 juta. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Corolla tersebut, dikutip dari wapcar.my Kamis (29/7/2021), merupakan varian tertinggi yaitu GT. Pemiliknya adalah seorang wanita yang membelinya dari baru dengan harga £12.500 atau Rp 252 juta dari baru pada tahun 1987.

Menariknya, coupe legendaris itu hampir dijadikan barang rosok. Bahkan pada 2006 bodinya pernah disayat-sayat. Saat diklaim, asuransi menolak. Asuransi beralasan kondisinya terlalu parah. Untungnya sang pemilik memutuskan untuk memperbaikinya.

Sekadar informasi, Corolla AE86 ini dibekalli dapur pacu 1.600cc 4A-GE empat silinder segaris. Dalam konfigurasi stock-nya mesin tersebut menyemburkan tenaga 120hp dengan torsi 131Nm.

Corolla tersebut bukanlah varian Trueno yang legendaris karena perannya di film animasi Initial D. Corolla Trueno menggunakan lampu pop-up headlights yang tidak terlihat pada saat siang hari.

Untuk pasar internasional, seluruh Corolla dijual dengan spesifikasi Levin di mana lampunya sudah fix.

Meski harga jualnya tergolong tinggi, Corolla AE86 ini bukanlah yang termahal. Takhta harga jual AE86 tertinggi diduduki oleh Trueno Black Limited yang laris terjual di Jepang dengan harga JPY 7.15 juta atau Rp 941 juta (dengan kurs JPY 1 = Rp 131.69).

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis Olimpiade Tokyo 2020