Sukses

Pakai Barang Bekas, Pemuda Ini Bikin Jeep Willys Mini Bermesin Bajaj Pulsar

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu SUV yang memiliki basis penggemar yang cukup banyak di dunia, adalah Jeep Willys. Mobil ini memang cukup spesial, karena merupakan kendaraan pertama Jeep khusus atas permintaan pemerintah Amerika Serikat untuk perang.

Biasanya, para pemilik mobil ini masih merawat kendaraannya dengan cukup baik dan jika dijual kembali memiliki nilai yang cukup tinggi.

Bahkan, disitat dari Cartoq, ada seorang pemuda 21 tahun dari Kerala membangun model mini dari Jeep Willys yang menggunakan barang bekas dan mesin Bajaj Pulsar 180.

Dalam video yang diunggah di lama facebook Madhurification Hangout, modifikator ini bernama Arun. Paling spesial dari Jeep Willys mini adalah sebagian besar suku cadang yang digunakan dalam proyek ini merupakan bahan bekas.

Arun menyebutkan, sasis Jeep dibuat dari nol. Ia menggunakan pipa logam, dan menggunakan lembaran loigam lainnya untuk membangun bodi serta memakai akrilik sebagai kaca depan.

Sementara itu, bahan bekas lainnya adalah suspensi depan dan pelek dari Tata Nano. Pelek baja ini dipotong dari tengah, dan dilas menggunakan lembaran logam untuk menjadikan ukurannya lebih lebar.

2 dari 3 halaman

Penggerak roda belakang

Mobil ini, adalah sebuah SUV penggerak roda belakang dan motor penggeraknya dipinjam dari Suzuki Omni. Poros gardan telah dipotong sedikit, untuk mengurangi lebar mobil.

Powering Willys mini ini adalah mesin motor Bajaj Pulsar 180 tua. Hal lain yang menarik dari miniatur ini adalah, kendaraan ini memiliki dua girbox. Ada 5 percepatan dari Bajaj Pulsar dan lima percepatan dari Omni.

Secara total, ia memiliki 10 gigi termasuk gigi mundur. Kombinasi ini menghasilkan torsi yang cukup besar untuk mendaki bahkan permukaan yang paling curam sekalipun.

Sang pembuat mobil menyebutkan, butuh waktu 2 bulan untuk menyelesaikan proyek Jeep Willys mini ini.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19