Sukses

Miris, Aksi Balap Liar Tetap Ramai saat Kondisi PPKM Darurat

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah situasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan, polisi berhasil menindak puluhan remaja yang berniat untuk melakukan balap liar di sekitaran Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (25/7/2021) dini hari.

Meskipun akses masuk ke jalan tersebut sudah ditutup pembatas (barrier) oleh petugas, namun puluhan remaja ini nekat menggeser pembatas tersebut dan menerobos masuk untuk melakukan aksinya.

Beruntung, saat kejadian tersebut petugas yang melakukan patroli berhasil menghalau aksi nekat tersebut. Alhasil, petugas mengamankan seluruh kendaraan serta remaja yang melakukan aksi balapan liar tersebut.

"Iya (barrier) kan bisa digeser. Tapi kita berhasil halau mereka. Itu sekitar pukul 02.00 WIB dia itu berkerumun. Ada satu motor itu bonceng 3, nggak pake helm. Kemudian dia balap-balapan juga,” ujar Kasat Patwal Ditlantas PMJ Kompol Jhony Eka Putra, dalam keterangannya.

Menurut keterangan petugas, aksi balap liar ini terjadi dari arah Semanggi menuju arah Senayan dengan melawan arus. Melihat ada sekelompok motor tersebut, petugas bergerak cepat dengan mengepung di depan Ratu Plaza.

Dari 70 sepeda motor yang terjaring dan dikenakan sanksi tilang, 5 di antaranya diamankan karena tidak dilengkapi dengan surat-surat yang berlaku.

 

2 dari 3 halaman

Juga Terjadi di Bandar Lampung

Selain di Jakarta, petugas Satlantas Pomresta Bandar Lampung, juga berhasil mengamankan aksi balap liar di wilayah tersebut.

Diketahui, aksi ini terjadi di Jalan Sultan Agung, Wayhalim, Bandar Lampung. Aksi tersebut tentu meresahkan warga di mana menimbulkan suara bising serta kerumuman di tengah PPKM Darurat.

Dalam keterangannya, Pjs Kasatlantas Presta Bandar Lampung AKP M. Rohmawan, mengatakan, aksi balap liar tersebut terjadi saat mendekati waktu subuh.

“Setelah menerima laporan dari warga sekitar, anggota kita langsung turun ke TKP untuk melakukan pengecekan. Dan ternyata memang benar, saat anggota tiba di sana ada puluhan kendaran yang terlihat sedang melakukan aksi balap liar,” jelasnya.

Dalam giat tersebut, petugas berhasil menjaring sebanyak 25 motor yang tengah melakukan balap liar, serta sebanyak 75 motor yang menjadi penonton aksi balap liar tersebut.

”Penindakan tidak berhenti sampai di sini saja. Kedepannya kita juga akan berkoordinasi dengan satuan lain, baik dari jajaran Polres mau pun Polsek untuk menindak lanjuti aksi balapan lian ini,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

infografis Status Gunung Berapi