Sukses

Yamaha R15 Terbaru Tertangkap Kamera Saat Pengetesan

Liputan6.com, Jakarta - Sosok motor sport yang diyakini Yamaha R15 V 4.0 tertangkap kamera tengah uji jalan di India. Setidaknya ada dua motor yang berseliweran di jalanan. 

Meski terbungkus baju kamuflase, sejumlah detail bisa disimak. Memberi gambaran bentuk akan datang dari sport fairing 150 cc andalan pabrikan berlogo garpu tala.

Tampak dari video yang diunggah oleh akun YouTube Abhinav Bhatt, prototipe yang diyakini sebagai R15 terbaru sedang diuji jalan di kawasan pinggiran Delhi, India, tak jauh dari fasilitas Yamaha di sana.

Tak cuma desain yang diubah, sepertinya ergonomi berkendara juga direvisi oleh pabrikan.

Paling kentara ubahannya, desain pada bagian fairing. Sepertinya ada nuansa yang mirip seperti sang kakak Yamaha R7 yang belum lama lahir ke dunia. Begitu juga dengan parasnya, yang memakai headlight single berteknologi diode.

Ditambah, ventilasi sampingnya berbeda dan ada tambahan panel samping di tempat fairing utama terpasang. Dengan itu, R15 bakal tampil bak sport bike yang lebih besar. 

Ergonomi berkendara besar kemungkinannya berubah. Poinnya pada setang clip-on yang sedikit lebih lebar.

Posisi jok lebih tinggi dan footpeg agak mundur juga bisa diharapkan untuk lebih mendukung posisi berkendara. Jok tetap terpisah, dengan sektor buntut sedikit lebih terangkat.

 

2 dari 3 halaman

Shock Depan Belum Upside Down

Pada video, prototipe R15 terbaru tidak dibekali suspensi depan up-side down (USD). Di India R15 yang masih dijual memang belum kebagian fitur itu. Sedang di Indonesia sudah pakai USD.

Fitur gimik seperti konektivitas juga menarik untuk dinantikan pada R15. Bisa terkoneksi dengan smartphone melalui Bluetooth, seperti pada Nmax dan Aerox varian connected.

Jantung mekanis sewajarnya masih sama. Mesin 1-silinder 155 cc Variable Valve Actuation (VVA) yang menawarkan daya merata di berbagai rentang putaran mesin.

Tak ketinggalan forged piston dan diasil sebagai inovasi dari pabrikan. Fitur assist & slipper clutch wajib tetap tersedia pada R15 anyar nanti.

Sejumlah detail lain atau fitur baru harus menantikan update dari pabrikan. Bocoran lain juga besar kemungkinannya bakal muncul sebelum ada pengumuman resmi dari pihak Yamaha.

R15 sendiri baru mendapat penyegaran ringan di awal tahun ini. Yamaha Indonesia menawarkan opsi warna baru. Namun sang kompetitor utama, Honda CBR150R baru saja mendapat ubahan signifikan.

Dengan R15 V4.0 rasanya kompetisi bakal makin panas. Kita nantikan saja kedatangan Yamaha R15 terbaru di Indonesia.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19