Sukses

Membiarkan BBM di Tangki dalam Waktu Lama, Aman atau Tidak?

Apakah aman membiarkan bahan bakar minyak (BBM) di tangki dalam waktu lama?

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan meningkatnya kasus penularan virus Corona Covid-19, banyak masyarakat yang kembali mengurangi kegiatan di luar rumah. Bekerja dari rumah alias work from home (WFH) kembali dilakukan, dan dengan begitu memengaruhi penggunaan kendaraan pribadi.

Saat masa pandemi saat ini, mobil biasanya hanya digunakan sesekali dan dalam waktu lama terparkir di garasi rumah. Lalu pertanyaannya, apakah aman membiarkan bahan bakar minyak (BBM) di tangki dalam waktu lama?

Melansir laman resmi Hyundai Indonesia, hal ini sering ditanyakan karena banyak yang mengatakan bahan bakar bisa basi jika lama tidak digunakan.

Sayangnya, hal ini ternyata benar. Karena, bahan bakar setelah enam bulan dibiarkan, akan mengalami proses oksidasi dengan udara. Hal ini bisa menurunkan kualitasnya. Tetapi, memang tetap bisa dipakai.

Masalah lainnya adalah ketika bahan bakar dibiarkan begitu saja, maka akan menimbulkan endapan pada bagian bawah tangki. Hal ini bisa menimbulkan kerak yang kemudian bisa merusak tangki bahan bakar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerak BBM

Kerak ini juga bisa menyumbat sistem suplai bahan bakar. Sehingga, bisa menimbulkan kerusakan.

Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan mobil dan tidak membiarkan bahan bakar di dalam tangki untuk jangka waktu panjang. Jika memerlukan pembersihan atau kuras, maka bengkel resmi Hyundai siap melakukannya.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.