Sukses

Pertahankan Posisi Kedua, Penjualan Daihatsu Naik 37 Persen Sepanjang 3 Bulan

Dampak positif serupa juga dirasakan oleh Daihatsu, dengan tetap mempertahankan peringkat dua penjualan otomotif nasional hingga Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Langkah pemerintah memberikan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 0 persen dinilai cukup berhasil. Bahkan, kebijakan tersebut diperpanjang, yang sejatinya berakhir pada Mei 2021, kini akan berlaku hingga Agustus 2021.

Dengan dukungan dari pemerintah ini, penyerapan penjualan mobil secara nasional cukup baik. Hal tersebut, bisa dilihat pada penjualan roda empat Januari dan Februari 2021 sebanyak sekitar 51 ribu unit per bulan, naik signifikan sebesar 46 persen menjadi sekitar 74 ribu per bulannya setelah implementasi diskon pajak pada Maret hingga Mei 2021.

Dampak positif serupa juga dirasakan oleh Daihatsu, dengan tetap mempertahankan peringkat dua penjualan otomotif nasional hingga Mei 2021.

Rata-rata penjualan ritel jenama asal Jepang sebelum penerapan diskon pajak (Januari – Februari 2021) sekitar sembilan ribu unit per bulan, dan kini naik sekitar 37 persen menjadi sekitar 12 ribu per bulan setelah implementasi diskon pajak (Maret – Mei 2021).

Terdapat lima model Daihatsu yang menikmati diskon pajak ini, yaitu Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Mini Bus, dan Rocky. Hingga Mei 2021, penjualan ritel model ini mengalami kenaikan total rata-rata sebesar 63 persen per bulan pasca implementasi diskon pajak.

Adapun, persentase kenaikan permintaan per modelnya adalah Luxio 104 persen, Terios 75 persen, Gran Max Mini Bus 51 persen, dan Xenia sebesar 37 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model non relaksasi

Tak hanya itu, dampak positif juga dirasakan pada model non relaksasi Daihatsu dengan kenaikan penjualan ritel total rata-rata sebesar 26 persen per-bulan pasca implementasi diskon pajak. Secara detail, model yang juga mengalami kenaikan permintaan adalah Sirion 111 persen, Ayla 42 persen, Sigra 40 persen, Gran Max BV (Blind Van) 16 persen, dan Gran Max PU (Pick Up) 9 persen.

"Kami bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar dengan market share 17 persen. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), da;am siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin 921/6/2021).

 

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.