Sukses

3 Mobil Bekas untuk Memacu Adrenalin dengan Budget Kurang dari Setengah Miliar Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Jika memiliki dana tak terbatas saat membeli mobil, maka tidak sulit untuk meminang mobil kencang idaman hati. Lain halnya jika memiliki dana terbatas, karena kencang dan menyenangkan berbanding lurus dengan harga. Misalkan saja Toyota 86 yang kini dibanderol Rp 830 juta

 

Tapi kondisinya tidak demikian di pasar mobkas. Setidaknya masih banyak seleksi mobil menyenangkan di bawah Rp 500 juta dan belum terlalu berumur. Bukan mobil sport atau eksotis bertenaga gila, memang. Kendati begitu, pilihan berikut ini bisa dipastikan menyenangkan sekaligus bergaya kece. 

Toyota 86

Dari baru, Toyota 86 merupakan salah satu opsi kupe nan sporty paling terjangkau. Boleh dibilang pula cukup digandrungi para kawula muda. Saat ini pun masih bisa dibeli baru dan bukan merupakan sebuah barang yang sangat eksklusif atau beredar dalam jumlah terbatas. Dengan demikian, tidak sulit untuk menemukan unit seken. Siapkan bujet Rp 400 jutaan untuk membawa pulang Toyota 86 keluaran awal sekitar 2012-2014.

Yang akan Anda nikmati adalah keseruan berkendara dari sebuah coupe 2+2 dengan pusat gravitasi rendah. Selain akibat postur tubuh, mesin empat silinder tiduran dari Subaru ikut berperan menurunkan pusat pergerakan bobot tubuh. Untuk sebuah mobil sport mungkin tenaganya tidak seberapa. Hanya sanggup gelontorkan output 200 PS dan torsi puncak 205 Nm ke roda belakang.

Bukan sebatas kupe untuk dipakai bergaya di akhir pekan, Toyota 86 juga boleh jadi masih praktis untuk dibawa harian. Ya, jangan harap sepraktis hatchback perkotaan apalagi SUV. Tapi setidaknya kalau mau bawa barang, bangku belakang dapat dilipat hingga tembus ke area bagasi. Kenikmatannya sendiri terdapat di posisi berkendara rendah dan bucket seat yang suportif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

VW Scirocco

Tak kalah menarik dan keren adalah VW Scirocco. Pun bisa jadi tebusannya tidak lebih tinggi dari 86. Untuk model 1.4 TSI keluaran 2011-2014 dapat ditebus serendah Rp 300 jutaan. Bukan varian paling bergairah tapi standarnya Scirocco sudah terbilang menyenangkan sebagai hatchback. Dari postur rendah, berpintu dua dan frameless, serta masih memiliki keleluasaan ruang untuk penumpang.

Ekstraksi unit pacu empat silinder 1.400 cc TSI siap gelontorkan tenaga sampai 162 PS di 5.800 rpm. Torsi lumayan besar sampai 240 Nm dari 1.500-4.500 rpm. Ketimbang Hachiroku mungkin tidak seberapa. Tapi ia tak kalah nikmat untuk dikendarai sebab mengusung transmisi DCT 7 percepatan nan cekatan.

Well, kalau punya bujet lebih, anggaran kurang dari Rp 500 juta masih bisa dipakai untuk meminang Scirocco R. Dapat ditemukan beberapa calon di rentang Rp 450 – 495 jutaan untuk model lansiran 2011-2012.

Ia menjanjikan potensi memacu jauh lebih hebat dari 1.4 TSI. Sebab di balik bonnet Scirocco R tertanam enjin empat silinder 2.000 cc turbo. Total ekstraksinya dapat dipastikan bikin kegirangan, sampai 256 PS di 6.000 rpm dan momen puntir 330 Nm sejak 2.500 rpm. Dengan tenaga sebesar itu, sang hatchback berpintu dua VW sanggup menuntaskan akselerasi ke 100 kpj dalam tempo 5,8 detik. Dibejek habis, komputer akan menahan nafsunya di 250 kpj. 

3 dari 4 halaman

Mazda RX-8

Opsi terakhir – dan mungkin seharusnya menjadi pertimbangan paling terakhir di benak Anda – adalah meminang Mazda RX-8. Ialah kelanjutan dari legenda mesin rotari Mazda RX-7. Sebuah model yang cukup unik. Bergaya kupe dua pintu hanya saja ternyata menyembunyikan sebuah suicide door demi kepraktisan.

Potensi memacunya boleh dibilang mumpuni untuk menciptakan senyum. Putaran rotor dengan kubikasi pembakaran 1.300 cc saja siap gelontorkan daya sebesar 215 PS di 7.500 rpm. Torsi 211 Nm keluar di 5.500 rpm, tersalur ke roda belakang. Mesin rotari yang kompak dan ringan dengan komposisi sebuah sports car, dijamin akan terasa menyenangkan.

Lebih menarik lagi harga di pasaran. Banyak model facelift keluaran 2011-2012 dilego di angka Rp 300 jutaan. Tapi mungkin keseruannya akan berhenti sampai di situ sebab enjin ini membutuhkan belaian khusus. Bukan sekadar perawatan berkala, konon dalam pengoperasiannya pun perlu kedisiplinan. Selain itu, tidak banyak yang benar-benar bisa menangani teknologi ini. Belum lagi ia juga terkenal payah soal reliabilitas. Jadi, disarankan berpikir dua kali sebelum meminang RX-8.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada Klaster Baru Covid-19 Bermunculan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini