Sukses

United Bike Tingkatkan Kandungan Lokal Motor Listrik E-Motor T1800

PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) resmi menjalin kerja sama dengan PT. Laksana Tekhnik Makmur dalam hal penyediaan body PVN nylon untuk kendaraan motor listrik jenis United E-Motor T1800

Liputan6.com, Jakarta - PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) resmi menjalin kerja sama dengan PT. Laksana Tekhnik Makmur dalam hal penyediaan body PVN nylon untuk kendaraan motor listrik jenis United E-Motor T1800.

Langkah ini diambil United Bike untuk menambah persentase tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk produk United E-Motor, sekaligus menyambut baik inisiasi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) dalam mendukung pengembangan dan kemajuan industri dalam negeri.

"Atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami mengumumkan telah terealisasinya proyek antara PT. Terang Dunia Internusa (United Bike) dan PT. Laksana Tekhnik Makmur, berupa 500 unit body PVC Nylon untuk motor elektrik United E-Motor T1800," terang Henry Mulyadi, Direktur United Bike dalam keterangan resminya.

Disebutkan, United Bike sebagai salah satu pelaku industri lokal di bidang sepeda, memiliki mimpi besar mengenai produksi sepeda di masa datang, yaitu dapat menggunakan komponen-komponen yang sebagian besarnya diciptakan oleh industri lokal dan diproduksi di dalam negeri.

"Oleh karena itu, dengan terealisasinya proyek ini, kami harap dapat menjadi langkah yang baik dalam penerapan spare parts dan aksesori buatan dalam negeri lainnya pada produk-produk perusahaan kami di masa yang akan datang," ujar Henry.

Dirinya juga meyakini, langkah yang pihaknya telah jalani ini mampu membawa dampak positif bagi para pelaku industri, khususnya di industri sepeda, lewat kualitas supply chain yang terjaga, quality control yang lebih mudah, serta membantu dalam hal penyerapan tenaga kerja.

"Kami berharap agar kerjasama yang terjalin hari ini, dapat membuka peluang baru bagi para pelaku industri dalam negeri untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaiknya, sehingga mampu melahirkan produk-produk hasil karya anak bangsa yang mampu bersaing di pasar internasional," tutup Henry.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Canggih, Skutik Listrik United Bisa Keluarkan Suara Motor Balap

PT. Terang Dunia Internusa (TDI) selaku produsen sepeda merek United turut meramaikan pasar kendaraan listrik nasional dengan merilis United T1800. Skutik listrik ini dihadirkan sebagai bentuk dukungan TDI terhadap program Langit Biru yang diinisasi pemerintah.

"Hari ini kami meluncurkan motor listrik bagi masyarakat Indonesia yang menghendaki sebuah kendaraan listrik yang stylish, futuristik dan ramah lingkungan, yang sekaligus menjadi komitmen kami dalam mendukung 'Program Langit Biru' dari pemerintah Indonesia," terang Henry Mulyadi, Direktur PT TDI dalam keterangan resminya, Sabtu (12/12/2020).

Disebutkan pula, United E-Motor menjadi distributor resmi dari roda dua motor listrik di Indonesia. United E-Motor melengkapi divisi sebelumnya yang telah dimiliki PT. TDI, yakni United Bike dan United E-Series.

Dari segi dimensi, skutik listrik United T1800 cukup bongsor. Skutik ini juga memiliki dua posisi berkendara seperti halnya Yamaha NMax maupun Honda PCX.

Sistem pencahayaannya menganut jenis LED, serta sistem pengereman sudah cakram di kedua rodanya yang berukuran 12 inci.

Fitur-fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap, sebut saja tombol start/stop engine, USB port, serta dilengkapi speaker yang bisa terkoneksi via Bluetooth untuk audio, radio dan mode suara pada kendaraan.

Menariknya, motor listrik ini juga memiliki racer sound mode sehingga dapat memberikan sensasi berkendara motor listrik dengan suara motor balap.

United T1800 juga dilengkapi mode berkendara. Ada 3 mode kecepatan dengan tombol one click overtaking sebagai mode sport untuk mempermudah saat menyalip kendaraan lain di depan. Lalu ada pula mode mundur untuk mempermudah pengendara saat memundurkan kendaraan.

Bagaimana dengan performanya? United T1800 mengandalkan motor listrik Bosch 60V1800W dengan rated speed 620 rpm, torsi 27 Nm dan tenaga 1.800 W.

Kapasitas baterai Lithium yang digunakan adalah 60V 28Ah. Dalam kondisi baterai penuh 100 persen, daya jelajah motor ini bisa mencapai 60 km dengan kecepatan rata-rata pada 50- 60 km/jam pada mode kecepatan normal. Sementara kecepatan maksimumnya hanya 70 km/jam.

Motor ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dalam hal biaya operasional dan perawatan. Dalam hal biaya operasional pemakaian daya listrik hanya sekitar Rp 2.700 untuk satu kali pengisian listrik dengan waktu minimal 4 jam.

Menyoal harga, United T1800 dibanderol Rp 24,5 juta sebagai harga perkenalan. Harga normalnya sendiri Rp 27 juta.

Untuk saat ini, pelayanan penjualan dan purnajual United E-Motor tersedia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek). Sementara wilayah lain di seluruh Indonesia tengah dipersiapkan.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.