Sukses

Tiruan Ducati Panigale 959 Ini Dibanderol Rp 78 Jutaan, Berminat?

Pabrikan otomotif Tiongkok, kembali menjiplak produk terkenal. Kali ini, Ducati Panigale 959 diduplikat semirip mungkin oleh mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menduplikat Vespa 946 beberapa waktu lalu, kini pabrikan otomotif Tiongkok berhasil melakukan imitasi terhadap Ducati Panigale 959. Bentuknya sangat mirip dengan Ducati, namun ada beberapa titik yang menjadi kelemahannya.

Entah apa yang menjadi dasar pemikiran dari pabrikan Tiongkok lantaran gemar menjiplak terhadap produk-produk terkenal. Untuk kali ini, Moxiao 500RR didesain lewat bentuk yang sangat mirip dengan produk Ducati yakni model superbike mereka, Panigale 959.

Secara styling, untuk beberapa bagian memang sangat persis. Mulai dari fairing, penggunaan suspensi depan bermodel Upside Down, sampai body stylingnya hingga ke buritan. Tangki bahan bakar yang gambot juga dibuat sangat mirip dengan motor lansiran Italia tersebut.

Namun bagi pemerhati motor gede, sudah pasti tahu ada di mana letak perbedaannya. Terlebih, jika melihat desain panel serta teknologi yang dibenamkan, sudah pasti mereka mengatakan bahwa ini adalah Ducati Panigale 959 tiruan.

Jika bicara jantung mekanisnya, Moxiao 500RR dibekali dengan mesin dua silinder berkapasitas 471cc. Mesin tersebut mengadopsi dari Loncin yang didasarkan pada mesin Honda. Sementara untuk bicara tenaga yang diproduksi, mesin ini hanya menghasilkan tenaga 47,5 tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 43 Nm pada 7.000 rpm.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harganya Jauh Lebih Murah Dibanding Ducati Panigale 959 Asli

Selain itu, untuk sistem kelengkapan lainnya juga dibuat semirip mungkin dengan Ducati Panigale 959. Berbekal bobot 169 kilogram, motor ini sudah dibekali dengan rem cakram berdiameter 230 mm di bagian depan. Sedangkan sektor belakang, motor ini juga sudah mengadopsi single arm yang terintegrasi dengan rem cakram berdiameter 260 mm.

Untuk memberikan desain yang sempurna pada produk imitasi Ducati ini, dimensi ban dibuat ala superbike dengan mengusung dimensi 120/70 di bagian depan, dan 190/50 di bagian belakang.

Namun desain tersebut dianggap berlebihan lantaran motor jiplakan ini hanya menghasilkan tenaga 48 tk yang berbasis dua silinder.

Dari segi harga, sudah pasti sangat timpang jika dibandingkan dengan Ducati Panigale 959. Untuk Moxiao 500RR, harga yang ditawarkan senilai 4.500 Euro atau setara dengan Rp 78,6 jutaan.

Untuk harga resminya sendiri, Ducati Panigale 959 yang dibekali dengan mesin berkapasitas 955 cc dengan tenaga sebesar 157 tk dan torsi 107,4 Nm, dilepas ke pasaran dengan harga Rp 530 jutaan.

Jadi, mau pilih Ducati Panigale 959 yang mahal tapi asli atau Moaxio 500RR duplikat Ducati yang dibanderol Rp 78 jutaan?

3 dari 3 halaman

Infografis Dilarang Mudik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.