Sukses

Jelang Debut Global, Begini Penampakan Mobil Listrik Kia EV6

Kia EV6 dikabarkan bakal melakoni debut dalam waktu dekat. Mobil listrik ini tertanam filosofi desain anyar sebagai basis aransemen rancangan produk di masa mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Kia EV6 dikabarkan bakal melakoni debut dalam waktu dekat. Mobil listrik ini tertanam filosofi desain anyar sebagai basis aransemen rancangan produk di masa mendatang.

Adalah ‘Opposites United’, terdiri dari lima pilar desain yakni Bold for Nature, Joy for Reason, Power to Progress, Technology for Life, dan Tension for Serenity. Ini semua bakal menegaskan pergeseran pabrikan ke era elektrifikasi, tampil perdana di crossover Kia EV6.

Dengan berubahnya arahan desain, turut tercipta juga identitas baru di EV6. Digital Tiger Face bakal menjadi interpretasi Tiger Nose Grille di era elektrifikasi. Sebagian gambaran diwakili oleh DRL ramping nan modern berisi pendar lampu sequential.

Area bawahnya terpahat satu bagian apron besar yang menguatkan image berteknologi tinggi. Tentu fungsional, mengalirkan udara dari depan ke kolong demi mengoptimalkan aerodinamika.

Sisi samping cukup kuat menghadirkan profil crossover meski terlihat berpostur pendek. Garis jendela tegas bersanding dengan tubuh gempal dengan pahatan halus. Paling memberikan kesan unik kala melirik bokong.

Lampu LED dibuat memanjang dari fender kiri ke kanan. Melekat di atas kanvas berlekuk namun bersih. Sukses menyuarakan visual simpel nan futuristis.

Meski data spesifikasi belum dibeberkan, bisa diketahui EV6 menawarkan ruang kabin yang lapang. Platform E-GMP memungkinkan hal itu, sebagaimana sudah digambarkan oleh Hyundai Ioniq 5 dengan wheelbase setara Palisade.

Dipastikan pula menjadi nilai unggul EV6. Urusan kepraktisan pun menjadi nomor satu. Pabrikan menjanjikan pemanfaatan ruang inovatif demi menciptakan pengalaman berkendara unik.

Urusan rancangan kabin senada dengan penampilan luar. Pancarkan aura futuristis. Sorotan utamanya adalah layar AVN (Audio Visual and Navigation) high-definition dengan permukaan melengkung.

Lebar membentang dari balik kemudi sampai ke konsol tengah sebagai panel instrumen dan sarana hiburan. Keduanya bertengger tanpa tudung di atas dasbor, memberikan nuansa lapang. Menambah kesan modern, tombol fisik diminimalisir. Contoh pada panel AC berisi kontrol tombol sentuh.

Jelas kesan ramah lingkungan sewajarnya tidak berhenti sampai di jenis pemacu. Pemanfaatan material ramah lingkungan wajib masuk pertimbangan. Contoh dalam kabin, material fabric disebut tercipta lewat plastic daur ulang.

“EV6, sebagai Kia EV khusus yang pertama, adalah karya desain progresif yang berpusat pada manusia dan tenaga listrik. Kami sangat yakin EV6 adalah model yang menarik dan relevan untuk pasar EV baru,” komentar Senior Vice President and Head of Global Design Center, Karim Habib. “Dengan EV6 kami bertujuan untuk menciptakan desain khas dan berdampak lewat kombinasi fitur canggih berteknologi tinggi sembari menyuguhkan ruang unik sebagai EV futuristis,” tambahnya.

Sebagai informasi, EV6 merupakan hasil kolaborasi dari tiga studio global Kia. Merupakan jerih payah dari para desainer di Namyang, Korea; Frankfurt, Jerman; dan Irvine, California, AS. Ia dijadwalkan mendebut Maret ini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekspektasi Potensi Jelajah Setara Hyundai Ioniq 5

Detail spesifikasi EV6 sendiri baru akan dirilis belakangan. Entah itu menuju hari besar atau mungkin diumumkan seiring momen peluncuran.

Kendati begitu, bisa diekspektasikan boyong performa setara rekan seplatform Hyundai Ioniq 5. Boleh jadi tersedia opsi penggerak dua roda atau empat serta seleksi baterai yang menyesuaikan performa memacu berikut daya jelajah.

Pada EV Hyundai, dua pilihan kapasitas baterai menjadi sajian utama. Standard Range 58 kWh atau Long Range 72,6 kWh. Model AWD Long Range tawarkan kemampuan memacu terbaik.

Kombinasi dua motor listrik gelontorkan daya 301 hp bersama torsi fantastis 605 Nm. Berkat kekuatan itu, akselerasi ke 100 kpj tuntas dalam tempo 5,2 detik.

Sementara itu, daya tempuh terjauh dimiliki model 2WD dengan opsi baterai terbesar. Klaimnya dapat menempuh hingga 470-480 km dari satu kali pengisian penuh.

Keunggulan arsitektur kelistrikan platform E-GMP pun seharusnya tidak tertinggal. Adalah sistem multi-charging, mampu mengganti sistem 400 V dan 800 V tanpa perlu adaptor tambahan. Sudah menjadi standar.

Lewat charger 350 kW, baterai dapat terisi dari 10 ke 80 persen dalam tempo 18 menit saja. Lima menit diisi, Ioniq 5 ketambahan daya jangkau sejauh 100 km.

Tampilkan kepraktisan pemakaian EV apalagi ketika infrastruktur pengisian super cepat sudah menjamur. Sebagai tambahan, tersemat fungsi Vehicle to Load (V2L) yang memungkinkan Ioniq 5 berperan sebagai “power bank”.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.