Sukses

Cocok Buat Pemula, Ini Kelebihan Ducati SuperSport 950

Ducati SuperSport 950 merupakan sepeda motor yang mampu menggabungkan kesan sporty dengan penggunaan jalan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Ducati SuperSport 950 merupakan sepeda motor yang mampu menggabungkan kesan sporty dengan penggunaan jalan sehari-hari. Ia merupakan pilihan sempurna bagi pengendara muda yang mencari motor sport pertama mereka.

Dengan kata lain, cocok untuk rider pemula. Model baru ini telah mendapat revisi dalam hal desain dan komponen terbaik serta paket elektronik yang lebih lengkap. Dan tentu saja sudah sesuai dengan undang-undang anti-polusi Euro 5.

Produksi seri SuperSport 950 telah dimulai di pabrik Ducati di Borgo Panigale, Italia. Ia menjadi model baru pertama dari dari line-up Ducati World Premiere 2021. Versi anyar ini mendapat penyegaran paket elektronik.

Untuk tipe standar, kuda besi ini dijual $ 13.495 atau setara Rp 189 juta. Diler Ducati di seluruh dunia diharapkan menerima pengiriman dalam beberapa bulan mendatang.

Desainer Senior Ducati, Julian Clement yang ikut marancang SuperSport 2017, Panigale V4 dan Scrambler Icon, mengubah desain asli SuperSport untuk memberikan tampilan agresif yang sesuai dengan keluarga Panigale.

Terlihat jelas dari model lampu depan full-LED dengan DRL, wujudnya benar-benar ciri khas cahaya tajam dari Panigale V4. Sementara tangki dan bagian ekor tidak berubah, masih gaya lama. Sementara fairing bodi didesain ulang secara khusus, untuk menonjolkan kesan sporty dan aerodinamis.

Berkat pembaruan yang didapat, SuperSport 950 sekarang lebih nyaman. Joknya memiliki bantalan baru dengan bentuk datar. Menawarkan kenyamanan yang lebih baik dan memungkinkan kontrol maksimum untuk pengendaranya.

Ketinggian setang juga dirasa pas untuk rider pemula. Gaya berkendara tetap sporty dan tidak terlalu membebani pergelangan tangan. Sedang pijakan kaki diposisikan agar tidak melelahkan lutut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur

Instrumentasi keluarga SuperSport 950 mencakup layar TFT 4,3 inci baru. Didesain agar mudah terpantau, terutama saat melesat dan memastikan mode berkendara.

Grafik paling menonjol yakni putaran mesin yang ditengahnya diisi posisi gigi. Menu yang ada terinspirasi dari keluarga Panigale, memudahkan identifikasi status dan kondisi motor.

SuperSport 950 menghadirkan paket perlengkapan sport sejati dengan single sided swingarm dan rangka teralis yang bertindak sebagai elemen penahan beban / tekanan untuk mengurangi bobot. Tercatat bobot kering kuda besi ini 184 kg.

Paket elektronik terdiri dari IMU enam sumbu dari Bosch yang mengelola ABS Cornering, Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC), Ducati Quick Shift (DQS), Riding Mode (Sport, Touring, Urban), Ducati Slide Control, seperti yang ditemukan pada Hypermotard 950 dan Panigale V4.

Untuk meningkatkan pengalaman berkendara, baik di dalam kota maupun di luar kota atau di lintasan, SuperSport 950 versi standar juga dilengkapi dengan fitur Quick Shift Up & Down.

Clutch control baru sekarang bersifat hidraulik, dan tuas yang dapat disetel sesuai keinginan pengendara. Sedang gearbox telah dimodifikasi untuk memastikan pemasangan gigi yang tepat.

 

3 dari 4 halaman

Harga

Urusan dapur pacu, didukung oleh mesin silinder ganda Testastretta 937 cc yang sama seperti sebelumnya, tetapi sekarang sudah disetujui Euro 5. Menghasilkan power maksimum 110 Hp pada 9.000 rpm dan torsi puncak di 93 Nm di kitiran 6.500 rpm.

Meski tenaganya cukup besar, SuperSport 950 sama sekali tidak mengintimidasi pengendara pemula. SuperSport 950 juga tersedia dalam versi pengurangan daya untuk pemegang lisensi A2.

SuperSport 950 baru tersedia dalam versi standar dan S. Tipe biasa ditawarkan dengan warna Ducati Red, sedangkan model tertinggi punya kelir Ducati Red dan Arctic White Silk. Untuk varian paling mahal punya perbedaan pada suspensi.

Ia pakai garpu berdiameter 48 mm dan monoshock dari Öhlins yang sepenuhnya dapat disetel. Diberikan pula dengan cover jok belakang. Sedang model reguler masih mengandalkan peredam kejut Marzocchi 43 mm di depan dan monoshock Sachs.

Tipe S dijual $ 15.795 (Ducati Red) atau setara Rp 222 jutaan dan $ 16.195 (Arctic White Silk) sekira Rp 228 jutaan. Itu hanya sesilih $ 300 dari Panigale V2.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis 17 Kondisi Orang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.