Sukses

Serius Garap Pasar Mobil Listrik, Mercedes-Benz Mulai Siapkan Infrastruktur

Liputan6.com, Jakarta - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) telah menyiapkan mobil listrik untuk pasar otomotif Indonesia. Bahkan, mereka sudah memiliki rencana untuk melucurkan mobil listrik pada tahun ini.

Namun, hal tersebut masih dalam perencanaan dan pematangan strategi di pihak internal. Hal ini dikarenakan ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dipersiapkan untuk menyambut mobil listrik mereka.

Komitmen PT MBDI ini juga sekaligus memberikan kenyamanan kepada konsumen yang nantinya memiliki mobil listrik dari Mercedes-Benz. Dikatakan oleh Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation and Product Management MBDI, pihaknya masih mematangkan beberapa hal sebelum mobil tersebut meluncur di Indonesia.

"Kalau untuk mobil hybrid atau listrik? Kami tetap melihat bahwa mobil listrik adalah masa depan yang akan menjadi tren global dan tidak ketinggalan juga di Indonesia. Dan tentu kami tidak ingin ketinggalan tren tersebut, jadi memang di portofolio yang akan kami luncurkan pada tahun ini nanti ada kendaraan listrik juga," ujar Kariyanto.

Di samping itu, meski MBDI sudah mengkonfirmasi akan menghadirkan mobil listri, tetapi mereka masih merahasiakan mengenai model apa yang akan diluncurkan. Kariyanto menegaskan hadirnya mobil listrik Mercedes-Benz di Indonesia harus memperhatikan segala sesuatunya mulai dari A sampai Z harus dipersiapkan secara matang.

"Tetapi kendaraan apa yang akan kita luncurkan, nanti pada waktunya akan kita informasikan. Tetapi pada prinsipnya saat ini adalah masih persiapan bagi kami, karena kami ingin begitu masuk ke industri mobil listrik ini kita tidak coba-coba atau hit and run," tambah Kariyanto.

 

2 dari 4 halaman

Mulai Mempersiapkan Infrastruktur

Masih menurut Kariyanto, kesiapan tersebut juga meliputi beberapa aspek mulai dari fasilitas di setiap diler, sampai pengetahuan terhadap sumber daya manusia yang ada di dalam MBDI ini.

Dengan adanya mobil listrik, Mercedes-Benz Distribution Indonesia juga harus menyiapkan beberapa infrastruktur. Salah satunya adalah stasiun pengisian kendaraan listrik.

Fasilitas ini menjadi wajib lantaran untuk memberikan kemudahan konsumen mereka dalam menggunakan mobil listrik dalam mobilitas hariannya. Di samping itu, pengetahuan terhadap mobil listrik juga harus menjadi fokus yang terus dikembangkan oleh MBDI.

"Kami serius mempersiapkan semua baik secara produk, infrastruktur di dealer, pengetahuan para teknisi dan para salesman. Jadi semua itu kita persiapkan sehingga kita harapkan begitu nanti timing kita sudah tepat, kita luncurkan dengan serius menggarap segmen mobil listrik tersebut," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Infografis Presiden AS Donald Trump

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini