Sukses

Jaguar Langka Milik Bernie Ecclestone Dilelang

Liputan6.com, Jakarta - Mantan supremo Formula 1, Bernie Ecclestone, akhirnya melelang salah satu koleksi mobil langkanya, Jaguar Type-D lansiran 1955. Jaguar Type-D yang merupakan barang langka, karena populasi model ini hanya ada 17 unit di seluruh dunia.

Melansir dari carbuzz tidak dijelaskan apa yang menjadi alasan Bernie Ecclestone melakukan lelang terhadap mobil langka ini.

Jika mengintip sejarah Jaguar Type-D, mobil ini dikenal sebagai jawara di lintasan balap ketahanan Le Mans 24 Hours secara berturut-turut antara tahun 1955 sampai 1957.

Saking hebatnya mobil ini di atas lintasan balap, Jaguar akhirnya menggunakan sasis model ini untuk memproduksi mobil jalan raya XKSS.

Sebelum dimiliki oleh Bernie Ecclestone, mobil ini sudah beberapa kali berpindah tangan. Bahkan, salah seorang pemiliknya sempat melakukan penggantian warna dari merah menjadi hijau yang merupakan warna kebanggaan untuk mobil balap di Inggris dan kemudian dikembalikan lagi ke warna merah sesuai keluaran dari pabrik Jaguar saat itu.

Manajer Led Zepplin juga sempat menjadi pemilik mobil ini. Namun, selang berapa waktu kemudian mobil ini dijual kepada kolektor mobil Amerika pada 1982 silam.

 

2 dari 4 halaman

Harga Lelang yang Fantastis

Dalam balai lelang RM Sotheby, koleksi Bernie Ecclestone ini diharapkan bisa terjual dengan rentang harga USD 5,75 juta sampai USD 7,5 juta.

Jika dikonversikan ke dalam rupiah dengan kurs Rp 14.037, mobil langka tersebut dilelang dengan harga mulai dari Rp 80 milyar sampai Rp 105 miliar!

Lelang mobil Jaguar Type-D yang dilakukan oleh Bernie ini bukan kali pertama, karena pada 2018, ia sempat membuka lelang terhadap Jaguar Type-D dengan harga yang lebih fantastis lagi.

Menurut informasi yang beredar, saat itu ia berharap mobil ini bisa dijual dengan harga sekitar USD 10-12 juta (Rp 140 miliar).

Mengintip spesifikasi yang diadopsi pada Jaguarn Type-D ini, prinsipal sudah membenamkan mesin dry-sump berkapasitas 3.4 liter.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 245 tk dan dikawinkan dengan transmisi empat percepatan.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini