Sukses

Universitas Budi Luhur Luncurkan Motor Listrik BL-SEV01 Bergaya Cafe Racer

Kali ini kampus kenamaan di Jakarta ini menghadirkan motor listrik bergaya sport, bernama Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Budi Luhur (UBL) menjadi salah satu instansi pendidikan yang rajin mengembangkan kendaraan listrik. Setelah motor kargo listrik bernama CEV01, kali ini kampus kenamaan di Jakarta ini menghadirkan motor listrik bergaya sport, bernama Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01).

Bekerja sama dengan LIPI dan bengkel modifikasi Katros Garage, motor ini menjadi bukti nyata dan sumbangsih Budi Luhur terhadap pengembangan ilmu pengetahuan melalui riset kendaraan listrik, yang diharapkan bisa menjadi solusi akan kebutuhan mobilitas masyarakat di masa depan.

Dijelaskan Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, UBL sejak lama telah merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa.

"Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas," ujar Kasih saat peluncuran prototipe SEV01 secara daring, Kamis (14/1/2020).

Sementara itu, Rektor UBL, Wendi Usino menjelaskan, motor listrik bergaya sport ini 100 persen digerakkan motor listrik sebagai sumber tenaganya, serta dikembangkan oleh civitas akademis Universitas Budi Luhur.

Baik pengajar dan mahasiswa UBL mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul yang digunakan di BL-SEV01. Ketiga komponen utama sebuah motor listrik ini sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai cukup 4 jam.

Kemudian di sektor desain dipilih model Cafe Racer, untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Gejala Sakit Kepala Akibat Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.