Sukses

Pelabuhan Patimban Bikin Pengiriman Mobil Lebih Efisien

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dengan adanya pelabuhan Patimban ini, pengiriman mobil secara completely built up (CBU) dari industri sekitar Karawang lebih efisien

Liputan6.com, Jakarta - Proses soft launching dan pengoperasian perdana Pelabuhan Patimban telah dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), beberapa waktu lalu, secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat.

Dijelaskan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dengan adanya Pelabuhan Patimban ini, ekspor mobil secara completely built up (CBU) dari industri sekitar Karawang lebih efisien. Hal tersebut, berlaku untuk pasar ekspor maupun domestik.

"Demikian pula dengan pengiriman mobil CBU terutama dari sekitar kawasan industri di sekitar Karawang lebih efisien dilakukan melalui Patimban. Baik tujuan ekspor maupun antar pulau," ujarnya dalam acara Publik Expose Pelabuhan Patimban: Wajah Modern Pelabuhan di Indonesia, dilansir Bisnis Liputan6.com, Kamis (7/1/2020).

Menurut Budi, kondisi Pelabuhan Tanjung Priok saat ini sudah terlalu padat. Sehingga kerap menimbulkan kemacetan mulai dari ruas jalan Bekasi sampai Jakarta ataupun sebaliknya.

"Pelabuhan Patimban akan memperkuat keberadaan Tanjung Priok yang sudah terlalu padat dan menimbulkan kemacetan di ruas jalan bekasi dan Jakarta atau sebaliknya," terangnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produksi mobil

Selain itu, telah rampungnya pembangunan untuk terminal otomotif. Dan hampir selesainya pengerjaan terminal peti kemas di tahap pertama diyakini akan mempercepat proses bongkar muat petikemas (dwelling time) di pelabuhan.

"InsyaAllah dalam waktu dekat ini akan terjadi satu recovery dengan selesainya konstruksi terminal otomotif tersebut di tahap pertama, yang segera di susul terminal peti kemas tahap pertama. Kita dapat memulai dengan prinsip efisiensi biaya dan waktu untuk beroperasinya Patimban," tegasnya.

Lebih lanjut, dia melaporkan, produksi mobil CBU dalam negeri pada 2019 lalu mencapai 1,2 juta unit. Adapun jumlah penjualan mencapai 1 juta unit dengan komposisi untuk penjualan ekspor mencapai 332 ribu unit.

"Adapun, berdasarkan data Gakindo bahwa tahun 2019 ekspor mobil Indonesia sebanyak 332 ribu CBU. Produksi tercatat 1,2 juta CBU, penjualan sebanyak 1 juta CBU," ujar dia mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Hormon Bahagia Jaga Imunitas Tubuh dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.