Sukses

Air Radiator Jangan Disepelekan, Perannya Penting Banget

Liputan6.com, Jakarta - Air radiator menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor yang menggunakan sistem pendingin cairan seperti radiatorAir radiator akan mencegah terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin.

Seperti dilansir Federal Oil, Kamis (26/11/2020), kondisi motor yang sering mengalami overheat akan berdampak pada usia kendaraan. Untuk menghindari hal ini, pemilik kendaraan membutuhkan air radiator untuk mendinginkan mesin.

Selain mendinginkan mesin, fungsi utama radiator ialah menjaga temperatur atau suhu mesin agar tetap optimal. Senyawa kimia yang terdapat didalamnya juga berfungsi sebagai proteksi pada bagian sistem pendingin.

Terbuat dari dua bahan utama, air radiator dapat mencegah logam di dalam mesin terhindar dari korosi Tak hanya itu, air radiator juga digunakan untuk menjaga karet agar tetap lentur dan tidak cepat memuai.

Terkait cara kerja radiator motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, pertama, panas yang terjadi pada bagian mesin motor akan diserap oleh cairan radiator atau coolant untuk bersirkulasi melewati water jacket.

Cairan yang sudah panas kemudian menyebar ke seluruh bagian radiator melalui angin. Setelah dingin, cairan tersebut akan dikembalikan pada bagian mesin.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Merek dan Jenisnya

Sebagai informasi, suhu di bawah 90 derajat tidak akan bersirkulasi ke bagian radiator motor. Setelah suhu naik menjadi 90 derajat, barulah radiator coolant yang panas akan naik dan melewati pendinginan di radiator.

Setelah mengetahui fungsi dan pengertiannya, anda juga harus tahu kisaran harga air radiator motor. Rata-rata banderol untuk mendapatkan komponen ini tidak sampai Rp 50 ribu.

Jangan lupa perhatikan merek dan jenis motor yang digunakan. Air radiator motor juga harus disesuaikan dengan jenis motor agar bekerja maksimal.

3 dari 4 halaman

Infografis 3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: