Sukses

Cek Kondisi Rantai di Musim Hujan dengan Cara Ini

Memiliki peranan penting, rantai pada kendaraan harus selalu diperhatikan. Menjadi penerus putaran mesin ke roda belakang, komponen ini perlu diperhatikan kondisinya secara berkala.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki peranan penting, kondisi rantai pada kendaraan harus selalu diperhatikan. Menjadi penerus putaran mesin ke roda belakang, komponen ini perlu diperhatikan kondisinya secara berkala.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan rantai motor dalam kondisi prima dan siap untuk diajak berkendara, berikut ulasannya seperti dilansir Wahana Honda, Senin (23/11/2020).

1. Pastikan rantai tidak berkarat

Rantai motor yang terbuat dari besi akan lebih mudah berkarat. Kondisi yang sering memicu terjadinya korosi atau karatan ialah kontaminasi air hujan.

Perlu diketahui air hujan mengandung cairan asam yang dapat melarutkan minyak atau pelumas pada motor. Selain itu, jika dibiarkan terlalu lama tanpa dibilas atau dibersihkan, air hujan dapat memicu terjadinya korosi pada komponen besi maupun logam.

Karena letak rantai motor yang terbuka, potensi terkena air hujan pun cukup tinggi. Karena itu, setelah sampai di tempat tujuan, segera bilas dengan air bersih.

Jika rantai motor sudah berkarat. Sebaiknya segera bersihkan bagian tersebut. Jangan lupa olesi cairan pelumas khusus untuk rantai motor. Hindari menggunakan oli bekas sebagai pelumas.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pastikan rantai motor tidak kendur

Selanjutnya, pastikan rantai motor tidak dalam kondisi kendur. Hal ini dikarenakan rantai motor yang kendur dapat berbahaya bagi keselamatan pengendara. Rantai bisa lepas sewaktu-waktu dan lebih mudah aus.

Penyebab rantai motor aus biasanya karena beban muatan yang melebihi kapasitasnya. Untuk memperbaiki rantai motor yang kendur sebenarnya cukup mudah.

Anda bisa membawa ke bengkel atau dengan memperbaikinya sendiri di rumah. Cukup melepas beberapa mata rantai dan kencangkan kembali sesuai dengan standar pemasangan yang telah ditentukan.

Selain tak boleh kendur, pemilik juga diimbau tak terlalu kencang memasang rantai. Karena hal tersebut juga akan berdampak tidak baik bagi kendaraan.

3. Pastikan rantai motor tidak bersuara

Rantai motor dalam kondisi prima tidak mengeluarkan suara. Jika rantai motor berbunyi berisik saat digunakan berkendara, itu artinya terdapat masalah pada komponen tersebut.

Ada banyak faktor yang menyebabkan rantai motor berbunyi. Mulai dari karat, kendur, kotor, gir sudah aus hingga usia rantai yang cukup lama.

Jika masalah terdapat pada gear motor, atau rantai sudah berusia cukup tua, maka solusinya adalah mengganti komponen tersebut dengan yang baru agar dapat bekerja secara maksimal.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan rantai motor dalam kondisi prima sebelum berkendara.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.