Sukses

Mobil Ini Tidak Pernah Dicuci Sejak Dibeli 44 Tahun Lalu

Ada satu mobil yang ternyata tidak pernah dicuci satu kalipun. Ya, Datsun 280Z rakitan 1976 ini tidak pernah dibersihkan sejak pertama dibeli atau dalam jangka waktu 44 tahun

Liputan6.com, Jakarta - Merawat mobil kesayangan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan. Salah satu caranya, adalah dengan membersihkan serta mencucinya secara teratur, agar tampilan mobil tetap bersih dan kinclong, serta menghindari dari kerusakan cat.

Namun, ada satu mobil yang ternyata tidak pernah dicuci satu kalipun. Adalah Datsun 280Z rakitan 1976 yang tidak pernah dibersihkan sejak pertama dibeli atau dalam jangka waktu 44 tahun.

Melansir Carscoops, Datsun 280Z ini merupakan milik seorang pria asal Philadelphia, Amerika Serikat. Ketika membeli roda empat tersebut, si empunya sadar ada penyok kecil di bagian spatbor depan.

Diler menawarkan untuk menggunakan dempul dan dicat ulang, agar tampilan mobil kembali mulus. Tapi, sang pemilik menolaknya, dan harus mendapatkan spatbor baru.

Kemudian, diler akhirnya setuju. Jadi spatbor lama dilepas sambil menunggu yang baru dikirimkan.

Namun, karena ada kondisi ekonomi, proses perbaikan mobil ini tidak berjalan hingga saat ini. bahkan, sang pemilik juga sudah melepaskan radio, serta beberapa bagian interiornya.

Mobil tersebut akhirnya terbengkalai di gudang, dengan debu yang tebal menyelimuti bagian bodi mobil.

Saat ini, pemilik baru mencoba untuk merestorasi kendaraan keren ini. Sejatinya, mobil ini memang masih sangat bagus keadaannya, karena odometer yang masih rendah, masih ada identitas mobil baru, seperti stiker pengecekan, kunci orisinil, dan juga tutup tangki yang belum dibuka.

Bahkan, jok orisinil mobil ini masih terbungkus plastik, dan mesin yang masih terpasang rapi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akhirnya dicuci

Sebelum melakukan restorasi, mobil ini pertama kalinya dicuci terlebih dahulu, langsung ditangani oleh detailer mobil klasik dan ahli mobil Jepang bersertifikat, Larry Kosilla dari Ammo NYC.

Karena mobil itu tertutup lapisan debu dan kotoran yang tebal, Kosilla mengeluarkan pelumas berbusa khusus dan menyemprotkannya ke seluruh eksterior mobil.

Kemudian, ia menggunakan lap microfiber tebal untuk menyeka sebagian besar kotoran.

Digunakan pula mesin uap untuk menguji kekuatan segel dan setelah yakin bahwa segel dalam kondisi baik, lalu menggunakan mesin cuci bertekanan untuk membilas mobil secara menyeluruh.

Setelah itu, mobil mulai digosok pengilap cat untuk mengembalikannya ke kondisi aslinya dan juga mendetail interior dan ruang mesin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.