Sukses

Aston Martin Cygnet, Mobil Inggris Berdarah Jepang

Liputan6.com, Jakarta - Merek Aston Martin identik dengan brand mobil mewah asal Inggris. Namun, sekitar 10 tahun silam, Aston Martin rupanya pernah menjual mobil perkotaan.

Dilansir Zing, mobil itu bisa dibilang bertentangan dengan citra serta filosofi pengembangannya sehingga Aston Martin disebut enggan untuk menyebut pernah memilikinya.

Dibuat hanya 300 unit, Aston Martin Cygnet diproduksi menggunakan basis Toyota iQ. Mobil ini dibuat untuk membantu Aston Martin memenuhi regulasi emisi Eropa.

Benar saja, Aston Martin Cygnet memilik peran mengurangi emisi rata-rata deretan produk Aston Martin dan memenuhi standar emisi keseluruhan untuk setiap produsen mobil.

 

2 dari 4 halaman

Harga Ratusan Juta Rupiah

Kini Aston Martin Cygnet dijual di Buckinghamshire, Inggris. Mobil tersebut sudah dipakai untuk menjangkau jarak 19.000 kilometer. Mobil dua pintu itu dijual sekitar USD 48.100 atau Rp 705,6 jutaan, jika menggunakan nilai tukar rupiah saat ini.

Harga itu terbilang mahal untuk ukuran mobil sangat kecil. Tapi bisa dibilang murah jika memiliki embel-embel merek Aston Martin.

Seperti disebut sebelumnya bahwa mobil kecil ini menggunakan basis iQ, sekilas tampilan Cygnet pun mirip. Hanya saja, detailnya berbeda dengan mobil pabrikan Jepang itu.

Di bagian depan ada dual grille khas Aston martin dan air intake dai bonnet, velg multi-spoke 16 inci, spoiler belakang dan lampu belakang C-shaped.

 

3 dari 4 halaman

Lebih Premium

Interiornya pun berbeda, dibuat lebih premium ketimbang iQ. Setir, dasbor, pintu dasbor, dan trim jok dibalut menggunakan kulit Bitter Chocolate mahal dengan trim putih. Kursi depan bergaya sport dengan sandaran kepala yang menyambung dari sandaran punggung.

Sedangkan di bagian belakang ada kursi untuk dua penumpang. Ruang kabin belakangnya lebih cocok untuk anak-anak.

Fiturnya sama seperti mobil Aston Martin pada umumnya. Sebut saja AC otomatis, start button, entertainment button pada setir, kursi depan berpemanas, dan spion dengan folding power.

Aston Martin Cygnet ditenagai mesin 1.3L I4 dengan ddaya maksimum 97 hp. Mobil itu dipadukan dengan gearbox CVT dan sistem penggerak roda depan.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: