Sukses

Transformasi 25 Tahun Odyssey, Mobil Keluarga Premium Milik Honda

Tahun ini, Honda Odyssey memasuki usia ke-25 tahun. Sejak diproduksi 1994 di Jepang, hingga saat ini model andalan pabrikan berlambang huruf H ini telah memiliki lima generasi.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, Honda Odyssey memasuki usia ke-25 tahun. Sejak diproduksi 1994 di Jepang, hingga saat ini model andalan pabrikan berlambang huruf H ini telah memiliki lima generasi.

Honda Odyssey pertama kali diperkenalkan dengan desain kursi tiga baris serta menggunakan penggerak 4 Wheel Drive (4WD). Sedangkan di tahun 1997, mobil ini mulai mengadopsi mesin 3.0L V6 J30A dan menyematkan fitur Sunroof khusus untuk tipe L dan Aero. Di Eropa, generasi pertama Honda Odyssey dikenal dengan nama Honda Shuttle.

Pada akhir 1999, Honda Odyssey generasi kedua hadir dengan dimensi yang lebih besar dari sebelumnya. Mobil ini diproduksi untuk pasar Negeri Matahari Terbit, dan Australia, serta didesain menggunakan setir sisi kiri untuk pasar Cina.

Honda Odyssey generasi kedua memiliki dimensi, bumper, dan front grille yang lebih besar serta memiliki aksen Chrome. Model ini menggunakan mesin berkapasitas 2,3 liter di model RA6 (2WD) dan RA7 (4WD).

Sementara itu, mesin berkapasitas 3 liter digunakan untuk model RA8 (2WD) dan RA9 (4WD) berjenis Prestige dan Absolute. Pada 2000, Honda Odyssey menjadi mobil Honda pertama yang menggunakan transmisi otomatis lima percepatan dengan mesin 3 liter

Generasi ketiga Honda Odyssey mulai dipasarkan di Jepang pada Oktober 2003, dan menyusul ke Australia dan beberapa negara lainnya pada awal 2004.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Generasi Kelima

Secara keseluruhan, Honda Odyssey tetap mempertahankan model lima pintu dengan desain yang lebih ramping, ground clearance lebih rendah, dan lebih terlihat sebagai mobil dibandingkan minivan. Khusus untuk Japan Domestic Market (JDM), model ini juga telah dibekali fitur cruise control.

Honda Odyssey didukung mesin i-VTEC berkapasitas 2,4 liter dengan versi penggerak 4WD dan transmisi otomatis. Sedangkan versi 2WD menggunakan transmisi CVT kecuali untuk tipe Absolute dan model ekspor lainnya.

Sementara generasi keempat Honda Odyssey diluncurkan di Jepang pada Oktober 2008, dengan tetap mempertahankan mesin dan transmisi yang sama, namun tenaga lebih besar dengan konsumsi bahan bakar lebih irit. Honda Odyssey menggunakan mesin 2,4 liter dan transmisi CVT dengan torque converter untuk penggerak FWD, dan transmisi otomatis lima percepatan untuk versi 2WD .

 

3 dari 4 halaman

Premium Van

Pada September 2013, generasi terbaru Honda Odyssey diluncurkan secara global dengan konsep premium van. Selain mengusung desain yang lebih dinamis dan modern, perubahan paling mencolok terdapat pada desain pintu yang sebelumnya dibuka ke arah luar, kini menjadi pintu geser yang dibuka ke samping. Secara dimensi, desainnya menjadi lebih besar serta menggunakan kursi Ottoman di baris kedua untuk kenyamanan penumpang.

Sedangkan dari segi mesin, Honda Odyssey menggunakan mesin 2,4 liter VTEC dengan tenaga 172,6 Tk dan torsi 225 Nm. Sementara untuk tipe Absolute, adanya fitur direct-injection semakin menambah tenaga Honda Odyssey hingga mencapai 187,4 Tk dan torsi maksimal 237 Nm.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.