Sukses

Bukan Hiasan, Ini Fungsi Penting Spion Motor

Spion menjadi salah satu komponen yang paling penting.

Liputan6.com, Jakarta - Spion menjadi salah satu komponen yang paling penting. Meskipun bentuknya kecil dan kerap kali disepelekan, namun perangkat ini memiliki fungsi yang besar, dan berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Melansir laman resmi Federal Oil, ada beberapa fungsi spion seperti berikut ini:

Mencegah Terjadinya Tabrakan Saat Akan Pindah Jalur

Saat akan melakukan pindah jalur, maka anda sebagai seorang pengemudi wajib melihat spion. Dengan melihat spion, maka hal ini akan meminimalisir terjadinya kecelakaan dan juga tabrakan akibat berpindah jalur.

Melihat Kondisi Lalu Lintas di Belakang

Terkadang, mengetahui kondisi lalu lintas di belakang kendaraan kita juga sangatlah penting. Dengan melihat kondisi lalu lintas di belakang, kita bisa tahu apakah posisi kendaraan yang kita kemudikan menghalangi kendaraan lainnya.

Sebagai Pedoman Posisi Kendaraan

Terkadang pada kendaraan roda 4, kita sering sulit memastikan apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak. Agar bisa mengetahui apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak, maka anda bisa melihat bagian sisi kendaraan anda dengan memanfaatkan kaca spion. Anda bisa melihat apakah kendaraan anda terlalu mepet atau tidak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebagai Aksesori yang Menambah Penampilan Kendaraan

Saat ini fungsi dari kaca spion lebih dari sekedar alat bantu untuk melihat kondisi lalu lintas dan semacamnya. Kaca spion juga saat ini seringkali dimanfaatkan sebagai aksesori pemansi tampilan kendaraan anda.

Banyak beredar model kaca spion yang sangat menarik dan juga tentunya dapat mendongkrak penampilan kendaraan.

3 dari 3 halaman

Infografis Hindari Penularan Covid-19, Ayo Jaga Jarak!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.