Sukses

Mungkinkan Toyota Fortuner Legender Masuk Pasar Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Fortuner terbaru baru-baru ini resmi meluncur untuk pasar Indonesia. Sederet ubahan dialami SUV tangguh ini baik dari sisi tampilan maupun fitur.

Harga dibanderol antara Rp 504,9 juta sampai Rp 704,5 juta. Tapi masih ada satu pertanyaan, bagaimana dengan tipe Legender?

Publik Indonesia mungkin memang tak terlalu paham dengan nama satu ini. Maklum Legender adalah varian tertinggi Fortuner di negara Thailand. Kalau di sini Indonesia, varian tertingginya adalah Fortuner TRD.

Jika ditilik Legender ini ibarat hubungan Avanza dengan Veloz atau Kijang Innova dengan Venturer. Di pasar Thailand, Legender mengisi kelas atas dari jajaran Fortuner.

Tersedia pilihan varian antara tipe 2.4 atau 2.8, dikawinkan sistem AWD atau 2WD. Lebih spesial, tergambar lewat perbedaan wajah.

Pertanyaan mengenai Fortuner Legender ini mengemuka pada acara Q&A peluncuran Toyota Innova dan Fortuner Kamis (15/10/20) kemarin.

Pihak Toyota-Astra Motor (TAM) mengakui jika sudah mempertimbangkan Legender masuk ke pasar Indonesia. Namun masih dalam tahap konsideran alias pikir-pikir.

Anton Jimmi Suwandi selaku Marketing Director TAM menegaskan bahwa pihaknya belum mempertimbangkan secara detail. Ditanya apakah, sudah mempertimbangkan juga dari sisi harga? Anton menyatakan belum sampai ke sana.

“Namun konsideran itu memang ada, namun konsideran yang kami lakukan belum jauh dan belum sampai mendetail.”

Ia menyatakan bahwa apabila memang permintaan cukup tinggi atau ada kecenderungan pasar ke arah sana, Toyota akan mempertimbangkan lebih serius. “Untuk itu, kami tetap mempertahankan Fortuner TRD sebagai varian tertinggi di pasar lokal,” ujar Anton.

 

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur

Sumber lain di Toyota bahkan menyebutkan tak ada rencana untuk mengadopsi Legender di Indonesia. Ia menyebut, Fortuner dan versi TRD Sportivo sudah cukup menjawab kebutuhan.

Penyempurnaan New FortunerToyota Fortuner yang diluncurkan pada hari ini mendapat penyesuaian harga. Pabrikan menaikkan harga dari Rp 11 juta sampai hampir Rp 20 jutaan tergantung dari tipe yang dipasarkan.

New Fortuner yang dirilis telah mendapatkan ragam penyempurnaan. Contohnya kemewahan di dalam kabin. Model sudah menggunakan bahan kulit warna hitam (kecuali Tipe G yang masih fabric) dan cluster meter baru 4,2 inci.

Pabrikan juga melakukan improvement pada New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display.

Tersedia fitur wireless charger, head unit dengan display sentuh 9 inci dengan konektivitas Miracast dan SDL. Plus Voice Command dan Surround Monitor. Untuk tipe VRZ, SRZ dan TRD Sportivo mendapat tambahan fitur NFC dan Smartphone Connection.

Front Seat Power Adjuster untuk mengubah posisi duduk bangku depan secara otomatis, Rear Seat Entertainment with Illumination, dan Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari.

 

3 dari 4 halaman

Tipe-Tipe

Semua pembaruan tersebut tersedia di model SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo, sementara spion anti silau untuk semua model.

Penyempurnaan juga dilakukan pada sektor safety baik untuk model 4×2 maupun 4×4.

Aplikasi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD Sportivo, VRZ, dan G membuatnya begitu mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan, termasuk saat manuver di medan berat.

Berbagai fitur keselamatan disematkan. Sebut saja, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) terdapat di semua model.

Tipe VRZ 4×4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4×4 dan G 4×4. 

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: