Sukses

Bisa Ngebut di Air, Ferarri Bekas Ini Cari Pemilik Baru yang Bisa Tebus Rp176 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Berbicara soal mobil super, salah satu merek yang menguasai pasar global adalah Ferrari. Pasalnya, pabrikan Italia ini memang terkenal andal menciptakan kendaraan performa tinggi, yang mampu menaklukan sirkuit ataupun jalan raya.

Namun, jenama berlambang kuda jingkrak ini ternyata memiliki satu model kapal cepat atau hydroplane. Kendaraan yang diberi nama Ferrari Arno XI ini diciptakan pada 1952.

Melansir Carscoops, kapal cepat yang dibuat untuk mengejar rekor kecepatan dunia di kelas 800 kg ini tengah mencari pemilik baru. Dikembangkan hasil kerjasama pembalap speedboat, Achille Castoldi dan Enzo Ferrari ini, dibanderol US$12 juta atau setara dengan Rp176,2 miliar.

Diketahui, awalnya Castoldi membeli mesin V12 berkapasitas 4,5 liter dari Ferrari 375 untuk proyek kapal cepat ini. Tak lama kemudian, Enzo memutuskan jika membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk mencetak rekor baru, mesin ini harus dimodifikasi dengan rasio kompresi baru, dan percikan ganda. Colokan untuk setiap silinder serta dua supercharger besar.

Hasilnya, mesin ini mampu menghasilkan daya hingga 550 Tk dan 600 Tk sesuai kebutuhan balapan.

2 dari 4 halaman

Bagian Unik

Mesin V12 ini bukan satu-satunya hal unik Ferrari Arno XI. Kapal cepat ini, memiliki desain yang aerodinamis, yang sangat mencolok didominasi oleh kayu keras yang dilapisi veneer mahoni.

Bagian bodi atas dicat dengan warna Ferrari red, dan terdapat jok kulit berwarna merah. Kendaraan ini juga memiliki sirip hiu besar yang membentang dari belakang kepala pilot hingga ujung belakang.

Ferrari Arno XI tidak hanya terlihat keren, tetapi bentuk aerodinamisnya juga efektif dan membantunya mencapai rekor 150,49 mph atau 242 km/jam. Perahu tersebut telah dipugar secara menyeluruh dan saat ini disertifikasi di Ferrari Classiche.

Kendaraan ini terakhir di lelang di RM Sotheby pada 2012, dan terjual seharga US$1,012 juta.

3 dari 4 halaman

Infografis Pilihan:

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: