Sukses

Bumper Mobil Penyok, Coba Siram Air Mendidih

Berfungsi melindungi mobil dari benturan, bumper pada kendaraan bukan hanya aksesori tambahan. Meski demikian, bumper mobil harus tetap diperbaiki jika mengalami kerusakan.

Liputan6.com, Jakarta - Berfungsi melindungi mobil dari benturan, bumper pada kendaraan bukan hanya aksesori tambahan. Meski demikian, bumper mobil harus tetap diperbaiki jika mengalami kerusakan.

Sangat rentan mengalami kerusakan, jika bumper mobil mengalami masalah ada beberapa cara memperbaiki bumper mobil sebelum di bawa ke bengkel, berikut ulasannya seperti dilansir Garda Oto, Jumat (25/9/2020).

Salah satu masalah yang sering terjadi pada bumper mobil adalah penyok akibat benturan. Jika bumper mobil mengalami hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Pertama, perbaiki bumper dengan hair dryer. Cara ini bisa dicoba pada bumper dengan bahan dasar plastik. Pertama, Anda harus memanaskan bumper dengan menggunakan hair dryer.

Setelah bumper melunak akibat panas, Anda bisa menekan bagian dalam bumper dengan tangan atau alat tertentu hingga kembali ke bentuk asalnya.

Kedua, perbaiki bumper dengan air panas. Penggunaan air panas adalah metode alternatif jika Anda tidak memiliki hair dryer. Setelah memanaskan air hingga mendidih, lalu siramkan ke permukaan bumper. Setelah bumper melunak akibat siraman air panas, Anda bisa menekan dari dalam seperti cara di atas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bumper Penyok

Selain penyok, masalah lain yang sering terjadi adalah bumper pecah atau robek. Untuk memperbaikinya, ada dua cara yang bisa dilakukan.

Pertama, jahit bumper dengan kawat. Untuk menerapkan cara ini, Anda cukup membuat beberapa lubang pada permukaan bumper lalu memasukkan kawat dan menjahitnya.

Setelah bagian robek selesai dijahit, Anda bisa langsung menyemprotkan cat dengan warna senada untuk menutupi bekas jahitan kawat. Dengan begitu, bekas jahitan tidak akan terlihat mencolok dan terkesan lebih halus.

 

3 dari 4 halaman

Tambal Bumper

Kedua, tambal bumper dengan menggunakan lempengan pelat. Anda cukup menempelkan lempengan pelat pada permukaan bumper, lalu rekatkan dengan lem atau lelehan plastik.

Dibanding cara yang pertama, cara kedua memang lebih praktis. Setelah selesai menambal bumper, cukup semprotkan cat dengan warna senada.

Meski kebanyakan bumper sekarang dibuat dari plastik yang padat dan keras, bumper dengan bahan metal juga masih tersedia. Untuk bumper mobil yang terbuat dari metal, Anda perlu usaha keras untuk memperbaikinya.

Bawalah bumper metal yang rusak ke bengkel untuk menghindari kesalahan dalam perbaikan. Jika perlu, tambahkan program perlindungan asuransi kendaraan agar berkendara lebih aman dan nyaman.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.