Sukses

Oshan X5, SUV yang Tak Ada Kaitan Sama Sekali dengan Merek Jerman

Kalau melihat sosoknya, tidak salah bila kita berpikir bahwa SUV yang satu ini buatan Jerman. Padahal itu salah, mobil ramping ini tidak ada kaitannya dengan BMW. Ya Oshan X5 adalah mobil Cina.

Liputan6.com, Jakarta Kalau melihat nama ataupun sosoknya, tidak salah bila kita berpikir bahwa SUV yang satu ini buatan Jerman. Padahal itu salah, mobil ramping ini tidak ada kaitannya dengan BMW yang juga punya model X5. Ya Oshan X5 adalah mobil Cina.

Bisa jadi kita masih asing dengan merek atau mobil itu sendiri. Namun, menurut Carscoops, SUV ini bakal dijual mulai November 2020. Sekali lagi Oshan X5 akan bersaing dengan merek mapan.

Oshan X5 memang relatif baru, walau tidak baru sekali. Penampilannya di hadapan publik terjadi pada Juli lalu, tepatnya di Chengdu Auto Show. Penampilan itu sebagai tanda kesiapan mereka hadir di pasar lokal.

Sedikit kita membedah soal Oshan. Merek mobil ini berada di bawah payung besar manufaktur otomotif di Negeri Tirai Bambu. Yap, Changan adalah induknya. Banyak model di hasilkannya, dari mobil penumpang, komersial hingga PHEV dan mobil listrik tulen ada dalam jajaran merek Changan. Mungkin Anda akan teringat tentang desain Esemka Bima yang mirip dengan Changan Star Truck.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desain dan Performa

Kembali ke Oshan X5, ada kemiripan dengan Maserati pada set lampu depan LED-nya yang ramping. Begitu juga dengan gril yang terlihat seperti sirip-sirip tegak.

Sedangkan untuk bagian belakang, termasuk lampu belakang ramping dengan tanda LED melengkung, knalpot ganda berujung krom, dan diffuser yang agresif.

Di dalam, X5 menyertakan cluster instrumen digital penuh dan layar infotainment besar dengan surround yang tajam. Ada juga roda kemudi dan tuas persneling sederhana serta beberapa kulit dan kain dua warna merah dan hitam yang bagus di seluruh jok, konsol tengah dan panel pintu, serta ventilasi udara dengan sekeliling krom.

Menurut Car News China, Oshan X5 akan dijual secara eksklusif dengan mesin 1.5 liter dengan turbocharger. Tenaga yang dihasilkan sebesar 180 Tk dan torsi 221 lb-ft (300 Nm). Mesin ini dikawinkan dengan transmisi kopling ganda tujuh kecepatan yang mengirimkan tenaga ke roda depan.

3 dari 3 halaman

Infografis Pilihan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.