Sukses

Trik Merawat Mobil Berwarna Gelap Supaya Tetap Kinclong

Liputan6.com, Jakarta - Mobil-mobil yang ditawarkan saat ini tersedia dalam pilihan warna yang beragam. Meski begitu, mobil berwarna gelap ternyata masih menjadi pilihan favorit. 

Alasannya sangat sederhana. Selain termasuk warna netral dan tidak membosankan, kendaraan berkelir gelap dan mengkilap kerap memberikan kesan mewah.

Namun demikian, mobil berwarna gelap perlu perawatan ekstra.Sebab kendaraan berwarna gelap dan mengkilap cenderung reflektif dalam mengekspos kotoran, debu, serta baret yang mudah tampak pada permukaan bodi mobil.

Tapi jangan khawatir, para pemilik mobil berwarna gelap dapat melakukan perawatan dengan mudah. Untuk mencucinya perlu mempertimbangkan waktu yang tepat.

"Waktu ideal untuk mencuci mobil adalah saat pagi atau malam hari. Karena ketika masih ada tetesan air dipermukaan bodi lalu menguap kena panas matahari. Biasanya mobil berwarna gelap mudah mengekspos jamur semacam noda putih," beber Samsudin, Aftersales Support dari Astra Peugeot.

Sebaliknya, saat mobil dicuci siang atau sore hari, setelah mobil diberi sabun dan di lap harus segera dibilas dengan air bersih.

Segera setelah itu, sisa air yang masih melekat dikeringkan. Agar tidak baret, gunakan lap microfiber dan lakukan proses menyeka atau mengelap dengan gerakan searah.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengatasi Kusam

Lantas bagaimana dengan mobil berwarna gelap yang terlanjur kusam? Menurut Samsudin tidak perlu panik. Pemilik kendaraan dapat melakukan perawatan untuk mengembalikan warnanya.

Saat ini banyak tempat perawatan mobil menawarkan pilihan paket car detailing khusus untuk mengangkat warna yang memudar.

Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari produk car detailing khusus untuk warna gelap yang punya formulasi untuk mengangkat kembali kualitas warna aslinya.

"Namun juga pastikan formulasi tersebut bersahabat dengan komponen aksesori lain, terutama berbahan plastik berwarna hitam yang menempel pada bodi, seperti karet wiper, karet kaca, lis bodi dan bumper," imbuh Samsudin.

3 dari 3 halaman

Gunakan Car Detailing

Produk car detailing umumnya mampu memberikan pigmen hitam yang sangat kecil dan mampu jua untuk masuk ke dalam pori-pori cat untuk kembali menghasilkan warna hitam yang pekat.

Selain itu car detailing dapat mengangkat noda membandel akibat oksidasi ringan, dan juga menutup swirl mark atau baret-baret halus.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini