Sukses

Toyota Vios Facelift Muncul di Filipina, Simak Detail Ubahannya

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Vios facelift belum lama ini rilis di Filipina. Sederet ubahan dialami sedan Vios. Paling signifikan adalah revisi fasad depan. Kalau di Indonesia ia dikenal dengan panggilan ‘joker’, lain cerita untuk facelift di Filipina.

Apron trapezoidal besar di bumper seolah diputar balik sehingga sisi pendek terletak di atas terintegrasi grille lalu melebar ke bawah. Hal ini membuatnya terlihat lebih agresif dan modern ketimbang tersenyum ‘gila’.

Rancangan lain pun menyesuaikan. Rumah lampu kabut di sisi terluar berlindung di balik pahatan. Tampil agresif lantaran bingkai hitam tampak berperan sebagai kanal udara.

Di samping itu, DRL terpisah tak dapat ditemukan dalam rangkaian bumper. Jangan khawatir lampu siang hilang dalam revisi. Pasalnya, Vios mengadopsi perangkat pencahayaan anyar. 

Full LED, DRL menggariskan tiga bilah sumber sinar dioda. Tak hanya itu, foglamp dan lampu kombinasi belakang turut mendapatkan teknologi serupa.

Kendati begitu, di sisi samping dan belakang berikut profil keseluruhan mudah diidentifikasi. Ia mengusung gaya model lama karena pembaruan bersifat facelift. Masih seperti Vios yang kita kenal. Contoh pelek two tone rasa palang mengambang sebelah, persis versi berjalan. Begitu pula ketika melongok buritan, identik.

Vios di Filipina terkesan sporty nan elegan lewat kabin bernuansa gelap. Bagian ini bertahan berikut rancangan serta tata letak komponen. Melansir Autodeal, Toyota hanya lakukan penyempurnaan di beberapa tipe.

Misal varian termahal tipe G, dibekali fitur smart entry dan tombol start/stop engine. Lalu, khusus G CVT punya seleksi mode berkendara Eco dan Sport. Tidak mengejutkan karena paket tadi tidak asing bagi Vios di Tanah Air.

 

2 dari 4 halaman

Performa

Toyota Filipina menawarkan dua opsi pemacu bagi Vios. Mayoritas trim menggendong jantung empat silinder 1,3 liter 1NR-FE.

Dicatatkan ekstraksi tenaga sebesar 99 PS bersama momen puntir sekuat 123 Nm, memutar roda depan lewat girboks manual lima percepatan atau CVT. Sementara itu, enjin 1,5 liter 2NR-FE eksis di varian teratas, Tipe G.

Ia sanggup membuncahkan 107 PS disertai kekuatan memuntir 140 Nm. Pilihan drivetrain sama: opsi 5-speed manual atau CVT.

Urusan safety, Vios tetap menjadi salah satu sedan paling komprehensif. Spek standarnya saja sudah diisi Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist. Melihat komposisi ini, ABS+EBD+BA tak perlu ditanyakan lagi.

Di samping itu, Dual SRS Airbag dan Kneebag dimiliki varian terendah. Barulah sistem tujuh titik mengisi daftar kelengkapan dua tipe termahal E dan G.

 

3 dari 4 halaman

Varian dan Harga

Kalau penasaran, Vios di sana punya enam trim berbeda. Meliputi tipe Base, J, XE, XLE, E, dan G. Dibanderol mulai dari 671.000 hingga 1.071.000 PHP, atau sekitar Rp 198 – 317 jutaan. Seleksi warna juga lebih variatif, tercatat ada sembilan kelir berbeda.

Empat palet hitam ke putih diisi Black, Thermalyte, White Pearl, dan Freedom White. Selain itu, ada Blackish Red Mica, Red Mica Metallic, dan Super Red V kalau senang merah. Sementara dua cat lain berada di spektrum gelap: Grayish Blue Mica Metallic dan Alumna Jade Metallic (Hijau tua).

Sementara di Indonesia belum ada keterangan resmi dari pihak Toyota untuk facelift Vios. Seperti diketahui, Vios ditelurkan oleh TMMIN dan diekspor ke sejumlah negara. Vios sendiri mendapat penyegaran besar pada April 2018.

Berganti wajah mengikuti Yaris baru kala itu. Apakah Vios dan Yaris di Indonesia bakal segera mendapat operasi wajah? Kita nantikan saja kabar baiknya.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: