Sukses

Toyota Camry 2021, Semakin Canggih dengan Safety Sense Terbaru

Liputan6.com, Jakarta Toyota Camry 2021 mendapatkan penyegaran di 37 titik. Selain penyegaran, varian baru XSE Hybrid juga diperkenalkan. Dari sisi keselamatan, Camry 2021 dilengkapi Toyota Safety Sense 2.5+.

Masuk daftar perangkat tambahan, ujung depan sedan dibenahi kembali guna memberi perbedaan dari model eksis. Kisi-kisi depan kini lebih banyak tertempel jaring gaya sarang tawon. Termasuk pada sisi samping depan. Ia tak lagi tampil normatif gaya konglomerat lama. Semua didongkrak mengikuti tren terkini. Roman depan baru sebagai diferensiasi antara varian LE dan XLE yang berorientasi kenyamanan. Sementara SE serta XSE mengacu pada nilai sporty, jiwa muda.

Sebagai aksentuasi desain yang direvisi. Camry 2021 menambah daftar cat eksterior dengan Blueprint baru, menggantikan Blue Streak Metallic. Ada pula warna eksklusif untuk Camry TRD, berupa Ice Edge serta atap Midnight Black Metallic dual tone. Sedangkan di varian XSE sekarang menawarkan Supersonic Red dwiwarna juga kombinasi atap Midnight Black Metallic.

Toyota Camry TRD 2021 yang berfokus pada performa. Kini datang dengan fitur standar seperti Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, plus cermin eksterior yang dapat dipanaskan. Perangkat itu menjadi opsi pada trim LE, SE, kemudian SE Nightshade. Sebab pada varian XSE dan XLE sudah memiliki fitur ini sebagai standar. Semua unit Camry 2021 juga mendapatkan kemewahan berupa layar multimedia mengambang baru. Ukurannya 7 inci serta 9 inci, ditambah pola kursi herringbone di kelas XLE.

2 dari 4 halaman

Mesin

Untuk jantung mekanis Camry, Toyota menawari tiga pilihan powertrain: 2,5 liter Dynamic Force empat silinder, 3,5 liter V6 dan Toyota Hybrid System generasi lanjutan (THS II). Mesin Dynamic Force 2.5 liter dibilang sebagai operator yang kuat namun halus. Ia menghasilkan tenaga 203 Tk pada 6.600 rpm dan torsi puncak 250 Nm di 5.000 rpm. Sebagian besar model AWD memiliki daya 202 Tk. Sedangkan di Camry XSE AWD memiliki 205 Tk dengan knalpot ganda.

Ia merupakan salah satu dari sedan menengah yang masih menawarkan mesin V6. Enjin 24 katup, DOHC 3,5 liter dilengkapi oleh sistem injeksi langsung D-4S, bersama sistem VVT-iW (Variable Valve Timing-intelligent Wide). Sistem VVT-iW dapat mengalihkan mekanikal pacu ke siklus Atkinson, yang mengurangi kerugian pemompaan, dengan menunda penutupan katup intake. Intinya mobil dapat lari kencang namun tidak terlampau boros bensin. Outputnya tergolong luar biasa, buncahan tenaga 300 Tk pada 6.600 rpm dan 362 Nm torsi puncak diraih sejak 4.700 rpm.

Di semua kelas Camry, baik mesin 2.5-liter maupun 3.5-liter V-6. Mobil dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan perkecepatan direct shift. Dikatakan sanggup menghasilkan pemindahan gigi tangkas, halus, mulus dan akurat. Rasio mid-range yang rapat meningkatkan kinerja akselerasi. Sementara rentang lebar dari torque converter memberi rasa berkendara lebih presisi, sambil berkontribusi pada peningkatan efisiensi bahan bakar. Control logic juga ikut mengoptimalkan pencocokan torsi yang tepat pada saat downshifts (turun gigi). Jadi transisi antargigi lebih mulus.

3 dari 4 halaman

Peranti Keselamatan

Fitur di semua model 2021 tak main-main. Mereka memiliki 10 airbag standar dan Star Safety System Toyota. Meliputi Enhanced Vehicle Stability Control, Traction Control, Electronic Brake-force Distribution. Kemudian Brake Assist, Anti-lock Braking System plus Smart Stop Technology. Tak usah khawatir tatkala parkir dan masuki jalanan sempit. Seluruh unit dilengkapi dengan kamera cadangan standar untuk memantau kondisi luar.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: