Sukses

Kaca Spion Sering Disepelekan padahal Punya Peran Penting, Ini 5 Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta - Pada mobil, kaca spion setidaknya ada tiga. Dua di luar dan satu ada di dalam, atau biasa disebut kaca spion tengah.

Ketiga spion itu memiliki fungsi yang berbeda pada mobil. Ketiganya bisa dipakai untuk memantau dari beberapa sisi mobil.

Nah, komponen yang kerap disepelekan itu punya banyak fungsi. Dilansir dari laman Auto2000, ada lima fungsi kaca spion pada kendaraan.

1. Melihat Kondisi Lalu Lintas di Belakang

Mengetahui kondisi lalu lintas di belakang kendaraan sangatlah penting.

Dengan melihat kondisi lalu lintas di belakang, kita bisa tahu apakah posisi kendaraan yang kita kemudikan menghalangi kendaraan lainnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

2. Mencegah Terjadinya Tabrakan Saat akan Pindah Jalur

Saat akan berpindah jalur, pengemudi wajib melihat spion. Apakah kondisi memungkinkan atau tidak. Dengan begitu, bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan dan juga tabrakan akibat berpindah jalur.

3. Membantu Manuver saat Parkir

Banyak kejadian pengemudi yang mengalami tabrakan atau senggolan ketika parkir tanpa memanfaatkan spion. Karena itu, kaca spion sangat penting fungsinya untuk manuver pada saat memarkir kendaraan.

 

3 dari 3 halaman

4. Memudahkan saat Mundur

Jangan pernah memundurkan kendaraan tanpa menggunakan bantuan dari kaca spion. Dengan adanya kaca spion, maka pengendara bisa terbantu melakukan manuver mundur. Terutama pad amobil atau kendaraan roda 4 dan lebih.

5. Pedoman Posisi Kendaraan

Terkadang, pengemudi kendaraan roda-4 kesulitan memastikan apakah kendaraan terlalu mepet atau tidak. Spion bisa membantu untuk memastikan apakah kendaraan sudah pada posisi yang tepat.

Sumber: Otosia.com