Sukses

Smart Key System Sepeda Motor Perlu Perawatan Khusus

Sistem kunci kontak keyless atau smart key system bukan lagi barang yang mewah. Fitur canggih ini pun sudah ditawarkan di sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem kunci kontak keyless atau smart key system bukan lagi barang yang mewah. Fitur canggih ini pun sudah ditawarkan di sepeda motor. Cara kerjanya mirip remote kunci pada mobil.

Agar smart key motor awet, Fachrul Reza, Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang memberikan beberapa tips. "Yang pasti, jangan melempar atau menjatuhkan, atau menginjak smart key," buka Reza.

Usahakan smart key tetap kering, jangan sampai terkena hujan deras. Hujan rintik-rintik atau gerimis kecil tidak masalah. Karenanya tidak dianjurkan menjemur smart key di bawah sinar matahari langsung seharian penuh jika terasa basah.

"Kemudian, dilarang mencongkel-congkel smart key, kecuali kalau mengganti baterainya. Umur baterai smart key berkisar 2 tahunan," bebernya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Radiasi

Berikutnya, jauhkan smart key dari benda-benda yang punya radiasi elektromagnet tinggi, seperti sutet, microwave, mixer, dan sebagainya.

"Selain itu jauhkan juga dari benda-benda yang mengandung magnet. Khawatir kalau sudah tertarik maka tidak mau dilepaskan," terangnya

3 dari 3 halaman

Posisi Off

Saat meninggalkan motor, pastikan tombol ON/OFF Smart Key ke posisi OFF, dimana lampu menyala merah saat ditekan. Cukup membawa satu Smart Key saat berkendara, sementara kunci cadangannya ditaruh di rumah.

"Dilarang keras menaruh smart key di dalam jok motor atau di rak serbaguna motor. Nanti, bisa dihidupkan oleh orang lain, he-he-he," katanya sedikit berkelakar.

Terakhir, untuk smart key motor Honda, simpan semua ID Tag pada tempat yang aman di rumah, dan jangan memberitahukan kode ID tag pada siapa pun.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.