Sukses

Begini Cara Merawat Cat Mobil di Musim Pancaroba

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, kondisi cuaca sedang tak menentu. Dalam sehari, kadang hujan deras dan bisa juga tiba-tiba panas terik.

Dengan cuaca yang tak menentu tersebut, pastinya harus membuat pemilik mobil memberikan perhatian ekstra untuk cat kendaraan kesayangan agar tampilannya tetap terjaga.

Jika si empunya roda empat tidak terlalu memperhatikan kondisi cat mobil, maka warnanya bisa kusam bahkan rusak. Berikut, tips merawat cat mobil seperti disitat dari siaran pers Asuransi Astra:

1. Mencuci mobil setelah terkena air hujan

Seperti diketahui, air hujan mengandung zat asam yang jika dibiarkan kering akan menjadi jamur dan merusak cat mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya mobil langsung dicuci dan di lap sampai kering untuk menghilangkan zat asam yang dapat membuat cat mobil kusam dan berjamur.

Tidak harus menggunakan sabun, dengan membilas mobil dengan air bersih sudah cukup untuk menghilangkan air hujan dari bodi mobil.

2. Jangan menutup mobil dengan sarung mobil

Masih banyak orang yang mengira dengan menutup mobil dengan sarung mobil dapat membuat cat mobil tetap awet dan mengkilap.

Namun nyatanya, hal ini sangat tidak disarankan karena dengan menutup bodi mobil dengan sarung mobil pada malam hari atau saat hujan.

Pasalnya, hal tersebut dapat membuat permukaan bodi mobil menjadi lembab sehingga menjadi lebih mudah berjamur.

Begitupun pada saat panas debu yang menempel pada permukaan mobil dan terkena angin akan menjadi lebih susah dihilangkan.

2 dari 2 halaman

3. Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari bisa mengurangi kadar warna pada cat mobil. Untuk itu, disarankan sebaiknya mobil jangan terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung agar warna cat mobil menjadi lebih tahan lama serta tetap mengkilap.

4. Hindari terkena embun malam

Bukan cuma tubuh yang bisa sakit jika terlalu sering menyerap embun malam, tetapi begitu juga dengan cat mobil Anda.

Sama seperti hujan, embun malam juga mengandung zat asam yang terkandung pada air hujan. Oleh karena itu, lebih baik simpan mobil Anda di tempat tertutup seperti garasi.

5. Gunakan wax seperlunya

Penggunaan wax untuk merawat cat mobil boleh saja asal tidak berlebihan, karena pemakaian wax yang terlalu berlebihan dan sering dapat membuat cat mobil Anda terkikis.

Jadi, gunakan wax seperlunya agar cat mobil Anda tetap mengkilap dan awet lebih lama.