Sukses

Bikers Wajib Tahu, Ini Fungsi dan Cara Kerja Busi Motor

Liputan6.com, Jakarta - Meski menjadi komponen penting dalam sistem pengapian, banyak pemilik kendaraan tak mengetahui cara kerja busi. Hal ini membuat pengendara tak langsung memeriksa busi saat terjadi masalah pada motor.

Memiliki risiko kerusakan, perawatan komponen ini harus dilakukan dengan baik, terlebih fungsi busi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil menjadi percikan api.

Bagi Anda yang belum paham dengan fungsi busi motor, berikut ulasannya dilansir Suzuki Indonesia:

Terminal

Fungsi busi motor yang pertama adalah terminal. Terbuat dari besi, komponen ini terletak pada bagian pucuk busi atau ignition. Komponen ini terhubung dengan kabel yang bertegangan tinggi yang mengalirkan listrik dari koil.

Insulator

Hampir semua busi yang ada dipasaran saat ini memakai material keramik sebagai bahan dari insulator. Fungsi insulator ialah memindahkan panas menuju kepala silinder.

Bagian ini berfungsi untuk membuat batang terminal dan elektroda tengah di cangkang besi menjadi terisolasi, sehingga arus tinggi dari elektroda tidak keluar.

2 dari 2 halaman

Ribs

Mencegah arus listrik keluar dari komponen mesin, bentuk Ribs dibuat bergelombang atau memiliki lekuk yang bisa membuat jarak elektroda inti dan ground semakin jauh. Jika jarak semakin jauh maka hambatan inti besi dan ground akan semakin besar.

Insulator Tip

Bagian ini akan mengalami pembakaran di ruang bakar. Hal ini membuat material yang digunakan harus tahan panas. Bagian paling ujung di insulator ini bisa menahan temperatur 650 derajat dan menahan tegangan 60.000 volt.

Gasket

Bagian ini berfungsi menahan terjadinya kompresi di ruang bakar.

Metal Case

Sebagai penghantar daya panas, material konduksi haris bisa dikonduksikan ke komponen lain. Fungsi lain komponen ini ialah mengunci busi ke cylinder head.

Inti Elektroda

Sebagai inti elektroda, bagian ini berfungsi menyalurkan energi listrik dan terhubung dengan terminal. Komponen ini terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel dan logam-logam lainnya.

Ground

Bagian ini terletak di ujung busi motor yang langsung bersentuhan dengan bodi atau ground motor. Arus listrik akan berpindah ke inti elektroda berkat bagian ini. Selain itu, api koil juga berakhir di bagian ini.